Kompas TV nasional hukum

Sidang Eksepsi Ade Yasin Digelar Hari Ini, Terdakwa Akan Hadir Daring dari Gedung KPK

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 11:56 WIB
sidang-eksepsi-ade-yasin-digelar-hari-ini-terdakwa-akan-hadir-daring-dari-gedung-kpk
Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin didakwa beri uang suap pegawai KPK sebesar Rp1,9 miliar (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin dijadwalkan menjalani sidang eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Rabu (20/7/2022).

Melansir laman resmi Pengadilan Negeri Tipikor Bandung, sidang kasus Ade Yasin nomor perkara 71/Pid.Sus-TPK/2022/PN/Bdg akan digelar dengan agenda pembacaan keberatan dari terdakwa akan berlangsung di Ruangan Soerjadi.

Sama seperti sidang pertama pada pekan lalu, dalam sidang kedua ini, Ade Yasin masih akan mengikuti secara daring dari Kantor KPK Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin didakwa memberi uang suap Rp1,9 miliar kepada empat pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca Juga: Jaksa KPK: Uang Suap dari Ade Yasin Digunakan untuk Biayai Sekolah Kepala BPK Jabar Abdul Khotib

Hal itu terungkap dalam sidang perdana dugaan suap yang dilakukan Ade Yasin kepada sejumlah anggota BPK yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/7/2022).


Sebagaimana surat dakwaan yang dibaca Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) Budiman Abdul Karib, suap yang diberikan Ade Yasin ditujukan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bisa meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"(Ade Yasin didakwa) memberi atau menjanjikan sesuatu yaitu memberikan uang yang keseluruhannya berjumlah Rp1.935.000.000 kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara," kata Budiman di PN Bandung, seperti diwartakan Antara, Rabu (13/7).

Dalam sidang yang digelar daring ini, jaksa juga menjelaskan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bogor Tahun Anggaran (TA) 2021 dinilai sangat buruk oleh pegawai BPK bahkan berpotensi disclaimer.

Oleh karenanya, suap diduga dilakukan Ade Yasin agar LKPD TA 2021 Pemkab Bogor bisa mendapatkan opini WTP seperti tahun sebelumnya.

Bahkan, uang senilai Rp100 juta untuk pegawai BPK yang bersumber dari Dinas PUPR Kabupaten Bogor dan Kepada Bappeda Kabupaten Bogor masing-masing sebesar Rp50 juta. Diungkap KPK, digunakan untuk biayai sekolah eks Kepala BPK Jawa Barat (Jabar) Agus Khotib.

Dalam kasus ini tak hanya Ade Yasin yang menjadi tersangka pemberi suap, tetapi juga menjerat Maulana Adam, Sekdis PUPR Kabupaten Bogor; Ihsan Ayatullah Kasubdit Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor; dan Rizki Taufik selaku PPK pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

Sedangkan tersangka penerima suap, meliputi Anthon Merdiansyah, pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Kasub Auditorat Jabar III/Pengendali Teknis; Arko Mulawan, pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Ketua Tim Audit Interim Kab. Bogor; Hendra Nur Rahmatullah Karwita, pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Pemeriksa; dan Gerri Ginanjar Trie Rahmatullah, pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Pemeriksa.

Baca Juga: Terungkap! Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin Didakwa Beri Uang Suap ke Pegawai BPK Sebesar Rp1,9 M



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x