Kompas TV entertainment lifestyle

Mengenal Harajuku, Pusat Fesyen Jepang yang Dibandingkan dengan Citayam Fashion Week

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 12:39 WIB
mengenal-harajuku-pusat-fesyen-jepang-yang-dibandingkan-dengan-citayam-fashion-week
Abdul Sofi Allail (19) yang mengenakan jaket putih mengaku sebagai pencetus ajang fashion show yang dijuluki Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Jakarta. (Sumber: KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Popularitas ajang fashion show yang dijuluki Citayam Fashion Week mengundang banyak komentar, termasuk disebut mirip dengan Harajuku, Jepang.

Media fesyen Jepang, Tokyo Fashion ikut menyoroti kehadiran remaja dan muda-mudi yang beradu outfit di kawasan Terowongan Kendal dan Stasiun BNI City, Jakarta Selatan.

Thread keren tentang ribuan anak muda Indonesia yang berdandan dan membuat jalan-jalan di Jakarta Pusat menjadi hidup sebagai fashion catwalk, tidak seperti Harajuku di Jepang,” tulis Tokyo Fashion di akun Twitternya.

Baca Juga: Cerita El, Remaja yang Ngaku Pencetus 'Citayam Fashion Week', Berawal dari Adu Outfit di Tongkrongan

Tokyo Fashion menyebutkan bahwa street fashion Harajuku dulunya tak langsung diterima masyarakat dan dianggap aneh oleh masyarakat sekitar. Sementara di kawasan Sudirman yang menjadi Citayam Fashion Week, masyarakat dengan mudah menerima. 

Namun, seiring berjalannya waktu, street fashion Harajuku diterima dan menjadi populer di kalangan anak muda Jepang.

Kini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga menyandingkan Citayam Fashion Week seperti Harajuku.

“Bukan hanya menjadi hit atau tren saat liburan sekolah, tetapi bisa seperti Harajuku di Jepang," kata Sandiaga di Tangerang, Minggu malam, mengutip Antara.

Baca Juga: Sandiaga Uno: "Citayam Fashion Week" Bisa Seperti Harajuku di Jepang

Lantas, apa itu Harajuku?

Harajuku sebenarnya merupakan sebutan populer untuk kawasan yang berada di sekitar Stasiun JR Harajuku, Shibuya, Tokyo. Kawan ini menjadi terkenal karena menjadi pusat anak muda yang berpakaian nyentrik.



Sumber : Antara, Matcha


BERITA LAINNYA



Close Ads x