Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mengenal Frugal Living, Hidup Hemat yang Sering Disamakan dengan Pelit

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 07:57 WIB
mengenal-frugal-living-hidup-hemat-yang-sering-disamakan-dengan-pelit
Ilustrasi frugal living atau gaya hidup hemat. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Salah satu gaya hidup yang bisa membuat keuangan seseorang bisa terkelola dengan baik adalah gaya hidup hemat atau frugal living. Tapi, banyak orang salah persepsi dan menganggap frugal living sama dengan pelit.

Mengutip dari akun Instagram resmi Bursa Efek Indonesia, Senin (18/7/2022), disebutkan frugal living berbeda dengan hidup pelit. Frugal living adalah gaya hidup yang membuat seseorang menggunakan uang dengan bijaksana, lebih mementingkan kualitas dibanding merek, dan mampu mengelola uang supaya berkembang.

Sedangkan gaya hidup pelit, adalah ketika seseorang takut kehilangan uang, membeli barang hanya melihat faktor harga saja asal murah, enggan memberi atau beramal.

Baca Juga: Simak Tips Keuangan Aman Saat Resesi Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari, orang yang menerapkan frugal living bisa saja membeli barang bermerek atau branded. Tapi, barang yang dibeli bisa jadi secondhand, atau dipakai sampai bertahun-tahun.


 

Jika menerapkan frugal living, Anda juga bisa tetap berlibur.

"Padahal liburannya sekali dalam beberapa tahun, dan nginepnya di tempat yang ekonomis," demikian dikutip dari akun @indonesiastockexchange.

Dan, karena bisa mengelola keuangan dengan baik dan mampu membuat uang berkembang, orang dengan frugal living mempunyai investasi. Tujuannya, untuk diversifikasi harta dan persiapan di masa tua.

Baca Juga: Tips Bebas Denda PLN, Berikut Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pelanggan

"Frugal living mengajarkan kita untuk selalu merasa cukup dan menjauhi keinginan impulsif yang bisa menguras isi tabungan," lanjut unggahan akun tersebut.

Nah, itu tadi perbedaan frugal living dengan pelit, Anda tertarik mempraktekkannya?




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x