Kompas TV nasional politik

Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul di Jateng dan Jatim, PDIP: Tak Lepas dari Latar Belakang Partai

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 20:37 WIB
elektabilitas-ganjar-pranowo-unggul-di-jateng-dan-jatim-pdip-tak-lepas-dari-latar-belakang-partai
Elektabilitas Capres di Provinsi Jawa Tengah yang Digelar Charta Politika, Kader PDIP Ganjar Pranowo unggul tajam dengan 71,5 persen (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menilai elektabilitas  Ganjar Pranowo yang unggul di Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam survei calon presiden (capres) 2024 yang digelar Charta Politika tidak lepas dari latar belakang partai.

Demikian Ketua DPP PDIP Nursyirwan Soejono sampaikan dalam program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Jumat (15/7/2022).

“Ini tentunya mengapresiasi saja apa yang menjadi hasil penelitian yang dilakukan oleh Charta Politika, tapi ada satu tambahan dari keterangan yang disampaikan Mas Totok (Yunarto Wijaya-red) tadi bahwa juga tidak terlepas dari latar belakang partai,” ucap Nursyirwan Soejono.

“Jadi kita sudah melewati dua kali lebih pemilu dan itu mozaik dari partai politik di masing-masing provinsi itu tidak terlepas dari sosial kultural kultur di masing-masing daerah terhadap politik tertentu.”

Baca Juga: Survei Litbang Kompas, Hanya Ganjar Pranowo yang Elektabilitas sebagai Capres 2024 Naik Terus

Menurut Nursyirwan, hasil survei yang dilakukan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat, gambarnya tidak terlalu jauh dari pemilu sebelumnya.

Nursyirwan mengatakan, hasil tersebut bisa saja dikarenakan oleh representasi dari beberapa figur.

“Bisa saja itu muncul representasi dari beberapa figure, tapi latar belakang dari partai politiknya juga tidak bisa dieleminasi begitu saja,” ujar Nursyirwan.

“Hanya yang menjadi menarik, karena malah justru catatan kita seperti contoh Jawa Barat, meskipun tidak berbeda dari sisi ranking, tapi latar belakang partai politiknya terlihat bahwa personal tersebut juga terjadi perbedaan yang saya lihat tidak terlalu signifikan.”

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Saya Dijewer Bu Mega, Sering

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei terbaru Charta Politika, elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bahkan, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu untuk ke daerah tersebut memiliki selisih yang jauh dengan calon kandidat capres lainnya.

Sementara untuk Jawa Barat, elektabilitas tertinggi ditempati oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Untuk survei elektabilitas capres di Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menempati presentasi yang mencolok dengan 71,5 persen.


Di posisi kedua ditempati Prabowo Subianto dengan 7,6 persen, Anies Baswedan 6,2 persen, Ridwan Kamil 2,3 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 1,6 persen.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ngaku Tidak Bisa Tidur Usai Ikuti Rakernas PDIP

Lalu untuk survei elektabilitas capres di Provinsi Jawa Timur, Ganjar Pranowo unggul dengan 31,8 persen, di posisi kedua ada Anies Baswedan 17 persen, Khofifah Indar Parawansa 15 persen, Prabowo Subianto 15 persen, dan Puan Maharani 4,2 persen.

Sedangkan untuk survei elektabilitas capres di Provinsi Jawa Barat, Prabowo Subianto unggul dengan 26,9 persen, disusul Anies Baswedan di posisi kedua 22 persen, Ridwan Kamil 19,5 persen, Ganjar Pranowo 15,2 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,9 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x