Kompas TV regional peristiwa

UGM Terima 4.200 Calon Mahasiswa Jalur CBT-UM, Ini 5 Jurusan Saintek dan Soshum Paling Diminati

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 07:19 WIB
ugm-terima-4-200-calon-mahasiswa-jalur-cbt-um-ini-5-jurusan-saintek-dan-soshum-paling-diminati
Ilustrasi mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada. (Sumber: kemendikbud.go.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Gadjah Mada (UGM) telah merilis hasil seleksi jalur Computer Based Test (CBT) Ujian Mandiri (UM) UGM tahun 2022 pada Selasa (12/7) pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 4.200 calon mahasiswa baru (camaba) lolos melalui jalur penerimaan mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan yang paling akhir terlaksana di UGM ini.

Jumlah tersebut terdiri dari 3.433 camaba Program Sarjana dan 767 camaba Program Sarjana Terapan.

“Kepada seluruh calon mahasiswa kita ucapkan selamat sudah diterima di UGM melalui jalur CBT-UM. Silakan melakukan tahapan registrasi dengan baik,” kata Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Profesor Djagal Wiseso, Kamis (14/7/2022) dilansir dari laman resmi UGM.

Baca Juga: Cek Daftar Nama yang Lolos Jalur Mandiri UGM 2022, Bersiap Jadi Maba di Kampus Biru

Djagal menjelaskan lima program studi (prodi) sarjana dengan tingkat selektivitas tertinggi dari setiap bidang, baik Sains dan Teknologi (Saintek) maupun Sosial Humaniora (Soshum).


 

Di rumpun keilmuan Saintek, lima prodi sarjana dengan seleksi ketat CBT-UM UGM tahun ini adalah S1 Kedokteran, S1 Teknologi Informasi, S1 Kedokteran Gigi, S1 Ilmu Komputer dan S1 Statistika.

Pada Program Sarjana kelompok Soshum, prodi yang paling diminati ialan S1 Ilmu Komunikasi, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S1 Manajemen, S1 Ilmu Hubungan Internasional, dan S1 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan.

Baca Juga: Lolos Seleksi UM UGM 2022? Catat Biaya Kuliah Jenjang S1 Berdasarkan Penghasilan

Di sisi lain, untuk lima prodi Sarjana Terapan bidang Saintek paling banyak dipilih meliputi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Sarjana Terapan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol serta Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pelaksanaan Bangunan Sipil.

Kemudian, prodi Sarjana Terapan bidang soshum dengan selektivitas tertinggi, yaitu Sarjana Terapan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti, Sarjana Terapan Akuntasi Sektor Publik, Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata.

Baca Juga: UGM Raih Peringkat 231 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia, Nomor 1 di Indonesia

Sebelumnya, kampus yang dinobatkan sebagai kampus nomor satu di Indonesia oleh QS World University Ranking 2023 itu juga telah menerima 2.690 calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan 2.716 calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x