Kompas TV internasional kompas dunia

AS Ungkap Strategi Terbaru di Kawasan Geopolitik Pasifik Selatan untuk Lawan Pengaruh China

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 10:40 WIB
as-ungkap-strategi-terbaru-di-kawasan-geopolitik-pasifik-selatan-untuk-lawan-pengaruh-china
Wakil Presiden AS ungkap komitmen baru untuk negara-negara Pasifik, berupaya mengimbangi manuver dan gerak maju China, termasuk membuka dua kedutaan baru. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SUVA, FIJI, KOMPAS.TV - Amerika Serikat mengungkapkan strategi baru untuk memprioritaskan negara-negara Pasifik dalam kebijakan luar negerinya, berusaha meredakan kekhawatiran atas perubahan iklim dan pembangunan dalam upaya untuk melawan pengaruh China yang berkembang di Pasifik Selatan yang sangat luas, seperti laporan Straits Times, Rabu, (13/7/2022).

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris hari Rabu mengumumkan komitmen baru negaranya, termasuk rencana membuka lebih banyak kedutaan AS di Pasifik Selatan, dalam pidato yang disampaikan secara virtual pada pertemuan para pemimpin Forum Pulau Pasifik di Fiji pada Rabu (13/7/2022). Para pemimpin regional dan diplomat kawasan itu bertemu di Suva, Fiji, sejak Senin.

“Kami menyadari dalam beberapa tahun terakhir, Kepulauan Pasifik mungkin tidak menerima perhatian dan dukungan diplomatik yang layak Anda dapatkan. Jadi hari ini saya di sini untuk memberi tahu Anda secara langsung, kami akan mengubahnya,” kata Harris dalam pidatonya.

Harris mengumumkan AS akan menunjuk utusan Forum Kepulauan Pasifik yang ditunjuk untuk lebih meningkatkan jejak diplomatiknya di seluruh kawasan, serta membuka kedutaan besar baru di Kiribati dan Tonga. Mereka akan berada di samping kedutaan AS di Kepulauan Solomon, yang sudah dalam proses pembukaan kembali.

AS bergabung dengan pemerintah termasuk Australia dan Selandia Baru yang bergegas meningkatkan hubungan dengan negara-negara Kepulauan Pasifik ketika China berlomba untuk merayu kawasan yang penting secara strategis itu, di tengah persepsi bahwa AS dan Australia mulai mengabaikan kemitraan mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Para pejabat dikejutkan oleh penandatanganan perjanjian keamanan antara Kepulauan Solomon dan China pada bulan April, sebuah kemenangan diplomatik besar bagi Beijing dan kesepakatan semacam itu yang pertama di Pasifik.

Harris hari Rabu juga mengumumkan rencana untuk meningkatkan pendanaan menjadi US$60 juta per tahun untuk proyek-proyek di Pasifik, termasuk infrastruktur ketahanan iklim, memerangi penangkapan ikan ilegal dan berinvestasi dalam konservasi laut. Pendanaan baru tersebut harus disetujui Kongres AS.

Baca Juga: China Kirim Menlu Wang Yi dan Delegasi ke Kepulauan Solomon, Pasifik Selatan Bergetar

China Wang Yi berbicara pada upacara pembentukan hubungan diplomatik Kepulauan Solomon dan China di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing. AS ungkap komitmen baru untuk negara-negara Pasifik, berupaya mengimbangi manuver dan gerak maju China, termasuk membuka dua kedutaan baru. (Sumber: AP Photo/Mark Schiefelbein, File)

Dalam pertemuan empat hari itu negara-negara Kepulauan Pasifik membahas cara-cara menarik lebih banyak dukungan internasional untuk pembangunan dan perubahan iklim.

Namun pertemuan tersebut dibayangi oleh Kiribati yang sebelumnya menarik diri dari kelompok regional.

Negara Mikronesia itu hengkang usai perselisihan kepemimpinan di dalam blok tersebut.

Gedung Putih mengatakan perjanjian baru akan berada di bawah Strategi Indo-Pasifik.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x