Kompas TV internasional kompas dunia

Pangeran Salman Bikin Proyek Ambisus, Renovasi Masjid Bersejarah di 130 Lokasi di Arab Saudi

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 10:24 WIB
pangeran-salman-bikin-proyek-ambisus-renovasi-masjid-bersejarah-di-130-lokasi-di-arab-saudi
Muhammad bin Salman bin Abdulaziz bin Abdul rahman al-Saud atau dikenal dengan Nama Pangeran Salman, tahun ia meluncurkan proyek ambisus (Sumber: AFP)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, atau dikenal dengan nama Pangeran Salman, pada tahun ini meluncurkan proyek ambisius. Yakni merenovasi masjid-masjid bersejarah di Arab Saudi yang saat ini memasuki fase kedua.

Dilansir dari Saudi Gazette pada Rabu (13/7/20220), proyek itu dinamai Proyek Renovasi Masjid Bersejarah Pangeran Mohammed Bin Salman dan dimulai pada bula Juli 2022 ini atau Zulhijah 1443 H.

Total 130 masjid bersejarah di berbagai wilayah Kerajaan Arab Saudi yang masuk dalam proyek ambisus ini. 

Untuk fase kedua dari proyek ini mencakup 30 masjid bersejarah yang terletak di 13 provinsi Kerajaan, mulai dari Makkah hingga perbatasan utara Tabuk.

Masjid-masjid tersebut dipilih untuk direnovasi pada tahap kedua proyek ini  berdasarkan signifikansi sejarah dan warisannya.

Baik masjid yang terkait dengan biografi Nabi Muhammad, atau masa kekhalifahan dalam sejarah Islam dan terkait sejarah Arab Saudi.

"Proyek ini memiliki peran penting merestorasi masjid sejarah, memungkinkan Arab Saudi berbagi budaya, sejarah, dan masyarakatnya yang kaya dengan dunia. Proyek ini merupakan fokus utama Visi 2030 kerajaan," bunyi keterangan dari situs resmi Kerajaan Saudi.

Dalam laporan itu juga disebutkan, Pangeran Salman mengarahkan pelaksanaan proyek fase kedua ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Arab Saudi.

Khususnya perusahaan yang mengkhususkan diri pada bangunan-bangunan cagar budaya.

Baca Juga: Arab Saudi Umumkan Ibadah Haji Tahun ini Berakhir Sukses dengan Jemaah Capai 916.829 Orang



Sumber : Saudi Gazette/SPA


BERITA LAINNYA



Close Ads x