Kompas TV nasional hukum

Sebelum Tewas Baku Tembak, Brigadir J Ternyata Tugas ke Magelang Kawal Istri Kadiv Propam Polri

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 09:07 WIB
sebelum-tewas-baku-tembak-brigadir-j-ternyata-tugas-ke-magelang-kawal-istri-kadiv-propam-polri
Pemakaman Brigadir J (kiri) di kampung halamannya di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Senin (11/7/2022). Brigadir J tewas ditembak Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, Jumat (8/7/2022). (Sumber: TribunJambi.com Aryo Tondang/Dok. Keluarga)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAMBI, KOMPAS.TV - Anggota Brimob Brigadir J ternyata sempat menjalankan tugas mengawal Putri Candrawathi, istri Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo sebelum tewas mengenaskan.

Demikian hal itu diungkapkan oleh ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat. Samuel mengatakan anaknya mengawal istri Kadiv Propam ke Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Ketika Ratusan Polisi 'Kepung' Rumah Orang Tua Brigadir J: Suasana Mencekam, Keluarga Ketakutan

Samuel mengaku mengetahui tugas Brigadir J melakukan pengawalan ke Magelang setelah melakukan komunikasi dengan anaknya tersebut.

Menurut Samuel, komunikasi terakhir dengan anaknya itu dilakukan 8 jam sebelum Brigadir J dinyatakan tewas dalam baku tembak.

Dalam percakapan dengan pihak keluarga, Brigadir J disebut sempat menjanjikan beberapa hal. Salah satunya akan pulang kampung.


 

Samuel mengatakan, anaknya berencana menyusul keluarganya yang sedang berlibur dan berziarah di kampung halaman.

Baca Juga: Kondisi Mengenaskan Jasad Brigadir J setelah Baku Tembak dengan Bharada E, Diungkap Pihak Keluarga

"Dia (Brigadir J) mau nyusul kami untuk melakukan ziarah di kampung halaman," kata Samuel Hutabarat di rumah duka, Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Selasa (12/7/2022).

Samuel menambahkan, anaknya akan menyusul keluarga setelah menyelesaikan tugasnya di Magelang untuk mengawal istri Kadiv Propam Polri

Selain itu, Samuel juga mengaku bahwa dirinya sempat meminta Brigadir J untuk menyempatkan diri menjenguk adiknya yang sedang sakit.

Janji Brigadir J pun akhirnya urung terlaksana lantaran ia tewas mengenaskan pada Jumat, 8 Juli 2022 di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang merupakan atasannya.

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Tak Terima, Sebut Melebihi Teroris hingga Minta Keadilan dan Transparan

Berdasarkan pernyataan Polri, BrigadirJ tewas dalam insiden baku tembak dengan rekannya sesama anggota Brimob berinisial Bharada E.

Baku tembak itu terjadi karena dipicu aksi pelecehan yang diduga dilakukan oleh Brigadir J terhadap istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di rumahnya.

"Benar, melakukan pelecehan dan menodongkan senjata dengan pistol ke kepala istri Kadiv Propam itu benar," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Ramadhan menuturkan, bahwa fakta itu diketahui berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x