Kompas TV nasional politik

PKS: Jokowi Harus Tegur Mendag Zulhas

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 13:20 WIB
pks-jokowi-harus-tegur-mendag-zulhas
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Sumber: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meninjau pasar murah minyak goreng yang digelar PAN di Lampung pada Sabtu (9/7/2202).

Namun di tengah-tengah sambutannya bersama warga, pria yang karib disapa Zulhas itu mengingatkan warga untuk memilih putrinya, Futri Zulya Savitri.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Diingatkan Jokowi agar Tak Kampanye, PAN: Ya Enggak Apa-apa

Diketahui Futri Zulya Savitri merupakan pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Mulyanto meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menegur pembantunya tersebut. Sebab itu diduga telah menyalahgunakan jabatannya demi kepentingan pribadi.

"Ini contoh yang tidak baik bagi publik dalam kerangka good governance. Dukungan publik kepada pemerintah akan lemah kalau ini terus dilakukan," kata Mulyanto kepada wartawan, Selasa (12/7/2022). 

Menurut dia, Zulhas sebagai pejabat publik harus lebih bijaksana terkait dengan sosialisasi minyak goreng dengan kemasan "MinyaKita". 

"Jangan menggunakan program tersebut untuk kepentingan politik pribadi atau keluarga," kata Mulyanto. 

Mulyanto minta Mendag tidak mencampuradukan urusan pengelolaan negara dengan urusan politik pribadi atau keluarga. Jangan sampai program "MinyaKita" ini menuai pesimisme publik.  

"Kita tidak menginginkan hal itu," ujarnya. 

Anggota Komisi VII DPR RI ini menambahkan, sebaiknya Mendag fokus mendistribusikan "MinyaKita" seluruh ke daerah, khususnya Wilayah Indonesia Timur, yang selama ini tidak terjangkau minyak goreng curah. 

"Keunggulan minyak goreng MinyaKita, yang terkemas secara sederhana tersebut, adalah dapat disimpan lebih lama dan dengan jangkauan distribusi yang luas. Mendag jangan mendistribusikannya di wilayah yang justru mudah terjangkau migor curah biasa. Ini kan tidak konsisten," katanya.

Terkait masalah ini, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Maula mengatakan kedatangan Zulhas ke acara tersebut mewakili partai, bukan pemerintah.

Baca Juga: Jokowi Komentari Zulhas yang Promosikan Anaknya di Lampung Sambil Bagi-bagi Minyak Goreng

"Acara itu hari Sabtu, di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan, tetapi acara partai. Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x