Kompas TV nasional kriminal

Bechi Tak Tampak Ikut Salat Iduladha Berjamaah di Masjid Rutan Medaeng, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 10 Juli 2022, 21:17 WIB
bechi-tak-tampak-ikut-salat-iduladha-berjamaah-di-masjid-rutan-medaeng-ini-penjelasannya
Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Bechi, tersangka kasus pencabulan santriwati di Jombang masih huni sel isolasi. (Sumber: Tribun Manado)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anak Kiai Jombang yang jadi tersangka kasus pencabulan santriwati, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Bechi, tidak tampak mengikuti salat Iduladha secara berjamaah di masjid rumah tahanan (Rutan) Kelas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) Minggu (10/7/2022). 

Terkait hal itu, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jatim Zaeroji menuturkan, Bechi absen dalam pelaksanaan salat Iduladha 1443 H karena masih berada di blok atau kamar isolasi mandiri.

"Sesuai aturan yang berlaku, yang bersangkutan (Bechi) masih harus melakukan isolasi mandiri selama kurang lebih tujuh hari ke depan," kata Zaeroji, dikutip dari Tribunnews, Minggu.

Menurut penjelasannya, kebijakan tersebut bagian dari upaya penerapan protokol kesehatan di lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rutan.

Blok isolasi mandiri, kata dia, diciptakan untuk memastikan tahanan baru benar-benar dalam keadaan sehat.

Kendati demikian, Zaeroji menuturkan, pihaknya mengizinkan Bechi untuk melaksanakan salat Iduladha di blok isolasi mandiri.

"Meski begitu, MSAT tetap diperkenankan melaksanakan ibadah di blok atau kamar isolasi," ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Rutan (Karutan) Wahyu mengatakan, penempatan Bechi di blok isolasi selama tujuh hari sudah sesuai dengan SOP yang berlaku.


Baca Juga: Asosiasi Pesantren PBNU Minta Aparat Tegakkan Hukum, Sebut Tindakan Mas Bechi Bukan dari Pesantren



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x