Kompas TV video vod

Hewan Kurban Dipijat dan Dimandikan untuk Melestarikan Tradisi

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 14:21 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

JEMBER, KOMPAS.TV - Tradisi memuliakan hewan kurban jenis kambing etawa menjadi kegiatan rutin warga di Jember menjelang Hari Raya Idul Adha.

Kambing dipijat dan dimandikan hingga bersih dan diberi makan dedaunan yang berserat tinggi.

Menjelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban, warga Dusun Gudang Karang, Desa Rambipuji, Jember, Jawa Timur menggelar kegiatan memuliakan hewan kurban.

Hewan kurban yang dipilih salah satunya kambing jenis etawa dengan pemberian makanan berupa daun dan rumput berserat baik seperti daun pohon nangka maupun rumput gajah.

Setelah itu, kambing dimandikan dengan menggunakan sabun sekaligus dilakukan pemijatan di bagian tubuh kambing yang merupakan saluran peredaran darah.

Harapannya, dengan memuliakan kambing etawa yang dikenal manja akan membuat kambing menjadi rileks yang berpengaruh terhadap kualitas daging serta merupakan bagian dari ajaran Agama Islam.

Kondisi bulu dan badan yang bersih juga membebaskan dari kuman dan kutu yang biasanya bersarang pada bulu kambing maupun kaki kambing.

Tradisi memuliakan kambing kurban ini dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha yang diikuti dan disaksikan warga sebagai bentuk edukasi dan pelestarian tradisi.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x