Kompas TV regional sosial

10 Tahun Gerakan Diaspora Indonesia Global, Kompas Gramedia Dukung Peningkatan Literasi di IKN

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 03:05 WIB
10-tahun-gerakan-diaspora-indonesia-global-kompas-gramedia-dukung-peningkatan-literasi-di-ikn
Penyerahan donasi AkuBaca Kompas Gramedia dalam acara 10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement di Ibukota Nusantara (IKN) oleh Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih kepada Universitas Mulawarman Muh Arifin. (Sumber: Sidik Purnomo/IDN Global)

KALIMANTAN TIMUR, KOMPAS.TV - Kompas Gramedia menyalurkan donasi buku melalui program CSR Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca sebanyak sepuluh paket buku bacaan dalam acara “10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement”.

Acara tersebut diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global) merupakan suatu organisasi non-politis, nirlaba, independen, dan berskala global yang bertujuan untuk memfasilitasi persahabatan dan kerja sama antar komunitas diaspora di Indonesia.

Donasi buku disalurkan ke beberapa sekolah yang ada di wilayah Kalimantan Timur. Bantuan buku ini merupakan komitmen dari Kompas Gramedia untuk membantu menumbuhkan budaya baca masyarakat dalam upaya meningkatkan literasi Indonesia.

Bantuan buku tersebut disambut baik dan diterima langsung oleh Koordinator Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat LP2M Unmul sekaligus Ketua Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammad Arifin dan diserahkan langsung oleh Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih.

“Diaspora punya program Buku Jendela Dunia. Kami menggalang teman-teman Diaspora untuk berdonasi secara rutin. Itu dimulai sekarang. Untuk saat ini kami berkolaborasi dengan Kompas Gramedia untuk donasi buku-buku. Akan disebarkan ke sekolah-sekolah di sekitar IKN."

Baca Juga: Dukung Semangat Literasi, Kompas Gramedia Donasi Buku Bacaan ke SMP Katolik Tanjungpinang

"Nanti kami akan melihat bagaimana respons dan kebutuhan selanjutnya, untuk kami merencanakan yang lebih besar lagi. Juga bekerja sama dengan lembaga perguruan tinggi seperti Universitas Mulawarman. Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak mana pun,” ujar Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih.

“Kami mengidentifikasi sekolah-sekolah di Kecamatan Sepaku sebagai penerima paket buku. Yang sudah pasti (diberikan) itu ke SD Pemaluan. Di SD ini akan dibuat ruang baca komunitas literasi yang merupakan bagian dari program KKN Universitas Mulawarman. Paket buku yang diberikan Kompas Gramedia melalui Diaspora hari ini akan menyasar sekolah lain di SMP Tengin Baru dan SMA Bumi Harapan."

"Program ini akan keberlanjutan dari Diaspora Indonesia untuk memajukan kualitas pendidikan masyarakat di sekitar IKN. Rencananya semua desa dan kecamatan akan mendapat jatah dari Diaspora Indonesia,” ucap Koordinator Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat LP2M Universitas Mulawarman sekaligus Ketua Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammad Arifin.

Turut hadir menyaksikan penyerahan donasi buku #AkuBaca, Kepala Biro Kompas TV Balikpapan Yanuar Riswandanu dan Manajer Iklan Tribun Kaltim M Eko Wahyu mewakili Kompas Gramedia.

“Semangat Indonesia Diaspora Network didukung Kompas Gramedia untuk donasi buku bagi masyarakat, khususnya pelajar di sejumlah sekolah di sekitar kawasan Ibu Kota Negara, dengan menggandeng Universitas Mulawarman, bisa tepat sasaran dan diharapkan bisa meningkatkan gemar membaca sejak usia dini. Mengingat, Pembangunan tahap pertama Ibu Kota Negara bernama Nusantara informasinya akan dimulai pada tahun ini, dan ditarget rampung pada tahun 2024 mendatang, maka peningkatan daya saing warga Kalimantan Timur harus semakin ditingkatkan. Termasuk dimulai dengan gemar membaca,” ujar Kepala Biro Kompas TV Balikpapan Yanuar Riswandanu.

“Buku adalah jendela dunia. Melalui buku kami harap masyarakat IKN semakin termotivasi untuk melihat dunia lain. Memang saat ini serba digital, akan tetapi koneksi Internet belum merata. Beberapa daerah pelosok belum menerima kemudahan ini. Untuk itu, buku tetap dibutuhkan bagi sekolah-sekolah."

"Literasi membaca sangat dianjurkan, sehingga siswa-siswi terbiasa menganalisis permasalahan ke depannya. Sumbangan buku dari Kompas Gramedia melalui IDN untuk sekolah-sekolah di sekitar IKN merupakan salah satu wujud kepedulian kita akan pendidikan guna terwujudnya masyarakat yang melek dengan pengetahuan,” ucap Manajer Iklan Tribun Kaltim M Eko Wahyu.

Baca Juga: DKK Salurkan Donasi Buku #AkuBaca untuk Pemulihan Sekolah Pasca-Bencana

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x