Kompas TV internasional kompas dunia

China Desak AS Hentikan Kolusi Militer dengan Taiwan, Begini Ancamannya

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 15:09 WIB
china-desak-as-hentikan-kolusi-militer-dengan-taiwan-begini-ancamannya
Kasgab Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) Jenderal Li Zuocheng, tengah, berbicara dengan Kepala Staf Angkatan Darat AS Jenderal Mark Milley, menuntut AS menghentikan kolusi militer dengan Taiwan selama pertemuan virtual antara kepala staf gabungan dari kedua negara. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BEIJING, KOMPAS.TV — China menuntut Amerika Serikat menghentikan "kolusi" militer dengan Taiwan selama pertemuan virtual antara kepala staf gabungan dari kedua negara yang hubungannya kini semakin retak.

Seperti laporan Associated Press, Jumat, (8/7/2022) Kasgab China Jenderal Li Zuocheng mengatakan kepada Kasgab AS Jenderal Mark Milley pada hari Kamis, China "tidak memiliki ruang untuk kompromi" pada isu-isu yang mempengaruhi "kepentingan intinya," termasuk Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya sendiri dan dianeksasi secara paksa jika perlu.

"China menuntut AS ... berhenti membalikkan sejarah, menghentikan kolusi militer AS-Taiwan dan menghindari dampak terhadap hubungan dan stabilitas China-AS di Selat Taiwan," kata Li.

Militer China, kata Jenderal Li, akan "dengan tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial," katanya.

"Jika ada yang membuat provokasi nakal, mereka akan bertemu dengan serangan balik tegas dari orang-orang China," kata Jenderal Li.

Bahasa seperti itu cukup rutin dan Li juga dikutip dalam rilis berita Kementerian Pertahanan yang mengatakan China berharap untuk "lebih memperkuat dialog, menangani risiko, dan mempromosikan kerja sama, daripada sengaja menciptakan konfrontasi, memprovokasi insiden, dan menjadi saling eksklusif."

Baca Juga: China-AS Memanas, Pemerintahan Biden Tolak Klaim Beijing Selat Taiwan Bukan Perairan Internasional

Kapal induk China Type 003 (atas) dan Kapal Induk Shandong yang lebih tua, (bawah). China dilaporkan akan segera menyelesaikan pembangunan kapal induk ketiganya, Type 003, dan akan langsung menjalani uji laut. (Sumber: Navy Recognition)

Pertemuan itu menyusul komentar berapi-api Menteri Pertahanan China Wei Fenghe pada konferensi keamanan regional bulan lalu di Singapura yang juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Wei menuduh Amerika Serikat berusaha "membajak" dukungan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik untuk mengubah mereka melawan Beijing, dengan mengatakan Washington berusaha untuk memajukan kepentingannya sendiri "dengan kedok multilateralisme."

Pada pertemuan yang sama di Singapura, Austin mengatakan China menyebabkan ketidakstabilan dengan klaimnya ke Taiwan dan peningkatan aktivitas militernya di daerah tersebut.

Dan pada bulan Mei, Menlu AS Antony Blinken menyebut China sebagai "tantangan jangka panjang paling serius tatanan internasional" bagi Amerika Serikat, dengan klaimnya terhadap Taiwan dan upaya untuk mendominasi Laut China Selatan yang strategis, yang memicu tanggapan marah dari Beijing.

AS dan sekutunya menanggapi dengan apa yang mereka sebut patroli "kebebasan navigasi" di Laut China Selatan, yang memicu tanggapan marah dari Beijing.

Baca Juga: Taiwan Peringatkan China, Serangan ke Taipei Dampaknya Jauh Lebih Parah daripada Perang Ukraina

Menteri Pertahanan China Jenderal Wei Fenghe hari Jumat, (10/6/2022) di Singapura bersuara keras kepada mitranya Menhan Amerika tentang paket senjata AS terbaru untuk Taiwan, memperingatkan kemungkinan konflik atas pulau berpemerintahan sendiri yang diklaim China sebagai wilayahnya (Sumber: South China Morning Post)

Meskipun tidak memiliki hubungan diplomatik formal untuk menghormati Beijing, Washington tetap menjadi sekutu utama Taiwan dan pemasok utama senjata pertahanan. 

Undang-undang AS mengharuskan pemerintah untuk memperlakukan semua ancaman terhadap pulau itu sebagai masalah "keprihatinan serius", meskipun masih ambigu apakah militer AS akan membela Taiwan jika diserang oleh China.

Putaran terakhir retorika panas datang menjelang pertemuan antara Blinken dan mitranya dari China, Wang Yi  hari Sabtu di pertemuan para menteri luar negeri dari G20 di Indonesia yang diperkirakan akan dibayangi oleh ketidaksepakatan atas serangan Rusia ke Ukraina.

China menolak untuk mengkritik agresi Moskow atau bahkan menyebutnya sebagai invasi, sementara mengutuk sanksi Barat terhadap Rusia dan menuduh AS dan NATO memprovokasi konflik.

Seiring dengan isu panas Taiwan dan Laut China Selatan, Washington dan Beijing juga berselisih mengenai perdagangan, hak asasi manusia dan kebijakan China di Tibet dan terhadap minoritas Muslim Turki di wilayah barat laut Xinjiang.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x