Kompas TV video vod

Pernyataan Boris Johnson usai Resmi Mundur Sebagai PM Inggris: Saya Tahu Banyak Orang yang Lega

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 13:44 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

LONDON, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengundurkan diri pada hari Kamis (7/7), dia mengakui bahwa ini merupakan “keinginan" partainya bahwa dia harus mundur.

"Saya tahu bahwa akan ada banyak orang yang lega dan mungkin tidak sedikit yang juga akan kecewa. Dan saya ingin Anda tahu betapa sedihnya saya karena harus melepaskan pekerjaan terbaik di dunia ini. Tapi karena merekalah," ungkap Johnson dalam pidatonya di luar 10 Downing Street.

Johnson mundur setelah lebih dari 50 orang menteri telah mengundurkan diri dalam kurang dari 48 jam, dan mengatakan bahwa Johnson tidak layak untuk memimpin usai dilanda sejumlah skandal.

Sementara puluhan politisi di Partai Konservatif melakukan pemberontakan secara terbuka.

Setelah sebelumnya, Boris berpegang teguh pada kekuasaan selama dua hari, dengan menantang mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Rabu bahwa ia memiliki "mandat kolosal" dari para pemilih dan bermaksud untuk melanjutkan pemerintahan.

Baca Juga: Zelensky Sedih PM Inggris Boris Johnson Mengundurkan Diri, Ini yang akan Dirindukannya

Johnson mengatakan dia sangat bangga dengan pencapaian pemerintahannya, dari Brexit hingga mengarahkan negara melalui pandemi, dan memimpin Barat dalam menghadapi invasi Rusia ke Ukraina.

Namun dia mengakui bahwa dalam politik, tidak ada yang mutlak diperlukan.

Untuk diketahui, Johnson memimpin Inggris melalui Brexit dan pandemi COVID-19, dan memenangkan kemenangan pemilihan besar pada tahun 2019.

Video Editor: Agung Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x