Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jadwal Uji Coba Mundur Akhir Tahun 2022, Ini Sejumlah Fakta Pembangunan LRT Jabodebek

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 12:53 WIB
jadwal-uji-coba-mundur-akhir-tahun-2022-ini-sejumlah-fakta-pembangunan-lrt-jabodebek
LRT Jabodebek. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jadwal uji coba Light Rail Transir (LRT) Jabodebek yang awalnya Agustus 2022,  diundur menjadi Desember 2022.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan soft launching LRT Jabodebek akan dilakukan berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022.

Diketahui, keputusan mengundur jadwal uji coba LRT ini bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya pemerintah menjadwalkan uji coba LRT pada Juli 2022 kemudian jadwal uji coba kembali diundur.

Melansir dari Kompas.com, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, uji coba LRT ini diputuskan untuk diundur setelah dilakukan peninjauan oleh konsultan terkait kesiapan operasi secara menyeluruh.

“Termasuk, dari sisi penyiapan organisasi, SDM serta kompetensinya, masih dibutuhkan waktu familiarisasi dengan sistem GoA3/driverless yang belum pernah digunakan oleh operator kereta api yang ditunjuk. Uji coba dengan sistem GoA3 penuh tanpa penumpang Insya Allah akan dimulai di bulan Desember 2022," jelasnya.  

Baca Juga: Dirut KAI Curhat Ke DPR Proyek LRT Jadi Beban, Kritisi Desain dan Landasan Hukumnya

  • Ditarget beroperasi semester I 2021

Adita mengatakan, pemerintah terus mengutamakan aspek keselamatan dalam pembangunan infrastruktur transportasi termasik LRT. Menurut rencana, LRT Jabodebek akan beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

"Operasi melayani penumpang ditargetkan di semester 1 tahun 2023," ucap dia.

  • Desain pembiayaan bebani Persero

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Didiek Hartantyo mengungkapkan, sejak awal, desain pembiayaan LRT Jabodebek tidak benar sehingga menjadi beban untuk Persero.




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x