Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Ungkap Nama-Nama Cawapres untuk Dampingi 3 Kandidat Capres, Sosok Ini Punya Pemilih Besar

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 09:42 WIB
pengamat-ungkap-nama-nama-cawapres-untuk-dampingi-3-kandidat-capres-sosok-ini-punya-pemilih-besar
Ilustrasi pemilihan umum atau Pemilu untuk pemilihan presiden atau Pilpres 2024. (Sumber: KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD )
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengungkap nama-nama yang lebih cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Pangi, tidak semua nama yang muncul dalam survei cocok dijadikan sebagai calon presiden atau capres, tetapi bisa jadi cawapres.


Baca Juga: Presiden Jokowi di Hari Bhayangkara: Fungsi Kamtibnas di Pilpres 2024 Harus Berjalan dengan Baik

Pangi menyebutkan saat ini, ada tiga nama besar yang selalu disebut-sebut sebagai capres pada Pilpres 2024 yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Sedangkan nama-nama yang lebih cocok menjadi cawapres, kata Pangi, yaitu ada Ridwan Kamil, Sandiaga Salahuddin Uno, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pangi mengatakan bahwa pemilihan kombinasi capres dan cawapres bergantung pada banyak hal.

Selain kecocokan di antara para pasangan tersebut, target ikut jadi penentu. Misalnya, bila butuh calon wakil presiden yang memiliki latar belakang pengusaha, ada nama Sandiaga Uno dan Erick Thohir.

Baca Juga: Soal Nama Cawapres untuk Prabowo di Pilpres 2024, Gerindra: Tunggu Akhir Juli

"Bila perlu calon berlatar belakang nonsipil, bisa dicari nama yang berlatar belakang militer agar jadi pasangan sipil-militer," kata Pangi melalui keterangannya yang dikutip pada Jumat (8/7/2022).

Kemudian, Pangi menyebut, jika yang dibutuhkan adalah calon wakil presiden yang berlatar belakang kepala daerah dengan jumlah pemilih besar, ada nama Ridwan Kamil.

"Kalau mereka ingin mencari calon wakil presiden yang terbesar elektoral penduduknya, tentunya Pak Ridwan Kamil," ucap Pangi.

"Karena Jawa Barat kan representasi penduduk yang termasuk jumlahnya terbesar."

Baca Juga: PKB Sebut Cak Imin Masuk Daftar Cawapres untuk Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Lebih lanjut, ia menuturkan, misalnya bila pada pilpres nanti pasangan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil bertarung melawan pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno, hasil survei CiGMark menunjukkan pemilih lebih banyak mendukung Anies dan Kang Emil .



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x