Kompas TV olahraga kompas sport

Thomas Doll Sebut TC Timnas U19 Rugikan Persija dan Tim Liga 1

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 03:05 WIB
thomas-doll-sebut-tc-timnas-u19-rugikan-persija-dan-tim-liga-1
Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengkritik TC Timnas U19 yang dinilainya terlalu lama. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengkritik TC Timnas U19 Indonesia yang disebutnya merugikan tim-tim di Liga 1.

Timnas U19 saat ini tengah tampil di ajang Piala AFF U19 2022 yang digelar di Bekasi dan Jakarta. 

Jika ditotal sejak awal TC hingga sekarang, para pemain tersebut telah meninggalkan klub selama kurang lebih dua bulan. 

Sebelumnya, skuad Garuda Nusantara juga tampil di ajang Toulon Cup 2022 bulan Juni lalu. 

Thomas Doll menilai, lamanya TC tersebut merugikan Persija serta tim Liga 1 lain yang menyumbangkan pemainnya ke Timnas U19. 

Menurutnya, para pemain muda juga harus ikut persiapan tim sebelum berlaga di kompetisi tertinggi nasional itu. 

"Tentu semua pemain bisa memperkuat tim nasional, tetapi tidak selama dua bulanan," kata Thomas Doll dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/7/2022). 

Baca Juga: Thomas Doll Sudah Kantongi Komposisi Tim Persija Jakarta untuk Liga 1 2022-23

Dengan Liga 1 2022/2023 yang akan bergulir pada 23 Juli 2022, Thomas Doll berpendapat lamanya TC Timnas U19 akan membuat pemain kelelahan.

Selain itu, para pemain muda juga tidak bisa mempelajari taktik dan stretegi yang akan digunakan tim karena tidak ikut menjalani persiapan pramusim. 

"Mereka akan sangat kelelahan karena bermain di banyak laga, terbang dari satu negara ke negara lain," lanjut Doll.

"Mereka tidak pernah berlatih di tim utama kami. Saya sebagai pelatih baru Persija sudah berada di skuad selama enam minggu tetapi baru sekali bertemu mereka. Itu pun hanya sekadar menyapa, bukan berlatih," tuturnya. 

Atas dasar itu, Thomas Doll mengatakan bahwa sulit bagi dirinya untuk memberi kesempatan para pemain muda untuk tampil di Liga 1 musim depan. 

Pelatih asal Jerman itu pun berharap, hal-hal seperti ini bisa diubah pada masa depan karena penting bagi pemain muda untuk ikut berlatih bersama tim. 

"Harus ada yang mengubah ini pada masa depan. Kalau mau mendapatkan talenta-talenta terbaik, mereka seharusnya melihat ke tim utama klub," tukas Thomas Doll. 

Persija sendiri mengirimkan enam pemainnya untuk memperkuat Timnas U19 di mana dua di antaranya menjadi pilar utama yaitu Cahya Supriadi dan Muhammad Ferrari. 

TC untuk Timnas U19 kemungkinan masih akan terus berlanjut karena skuad asuhan Shin Tae-yong itu bakal tampil di Kualifikasi Piala Asia U19 pada September mendatang. 

Pada Piala AFF U19 2022, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan masih punya dua pertandingan sisa di penyisihan Grup A dengan melawan Filipina, Jumat (8/7/2022), dan Myanmar, Minggu (10/7/2022). 

Baca Juga: Pelatih Thailand U19 Akui Pertahanan Indonesia Sulit Ditembus, Soroti Bek Muda Persija



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x