Kompas TV regional berita daerah

Tahun Ajaran Baru, SD Negeri 1 Karangjati Hanya Punya 5 Siswa

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 11:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Sekolah Dasar Negeri 1 Karangjati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berada persis di sebelah kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022 – 2023, sekolah ini hanya mendapat lima orang siswa.

Padahal syarat kuota rombongan belajar adalah 28 orang siswa. Para siswa baru tersebut bahkan berasal dari luar zona yang telah ditentukan. Kekurangan siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangjati sudah terjadi sejak empat tahun ajaran lalu. Meski tidak memenuhi kuota, sekolah berkomitmen pembelajaran akan tetap berjalan seperti biasa.

"SD Negeri 1 Karangjati  zonasi memang kita abaikan, karena memang kita butuh siswa. Sementara yang dari lingkungan sekitar sini animonya kurang. Kelas satu tahun ini lima orang, kuota mestinya satu kelas 28 orang siswa," ujar Sugiyarti, Kepala SD Negeri 1 Karangjati.

SD Negeri 1 Karangjati adalah satu dari sejumlah sekolah dasar di Kabupaten Blora yang kekurangan siswa baru. Tingginya minat orangtua mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta berbasis agama dinilai menjadi salah satu penyebab sekolah negeri kekurangan siswa.

#blora #sd1karangjati #ppdb

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x