Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Gubernur Ukraina Desak Evakuasi 350.000 Penduduk Donetsk

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 06:30 WIB
gubernur-ukraina-desak-evakuasi-350-000-penduduk-donetsk
Seorang prajurit Ukraina melihat puing-puing sebuah sekolah yang hancur beberapa hari lalu akibat serangan rudal di pinggiran Kharkiv, Ukraina, Selasa, 5 Juli 2022. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

KRAMATORSK, KOMPAS.TV — Gubernur Provinsi Donetsk mendesak lebih dari 350.000 penduduknya untuk melarikan diri, ketika Rusia meningkatkan serangan di hampir seluruh Ukraina. Gubernur Pavlo Kyrylenko mengatakan bahwa mengeluarkan orang dari provinsi Donetsk diperlukan untuk menyelamatkan nyawa dan memungkinkan tentara Ukraina untuk mempertahankan kota dari serangan Rusia.

"Nasib seluruh negara akan ditentukan oleh wilayah Donetsk," kata Kyrylenko kepada wartawan di Kramatrosk, yang merupakan pusat pemerintahan provinsi dan markas besar regional militer Ukraina.

“Begitu ada lebih sedikit orang, kami akan dapat lebih berkonsentrasi pada musuh kami dan melakukan tugas utama kami,” kata Kyrylenko seperti dikutip dari The Associated Press.

Seruan gubernur bagi penduduk untuk pergi sepertinya merupakan evakuasi perang terbesar yang disarankan, meskipun tidak diketahui apakah warga dapat melarikan diri dengan aman.

Menurut badan pengungsi PBB, lebih dari 7,1 juta orang Ukraina diperkirakan mengungsi di Ukraina, dan lebih dari 4,8 juta pengungsi meninggalkan negara itu sejak invasi Rusia dimulai 24 Februari.

Baca Juga: Pemerintah Ukraina Sebut Rekonstruksi Negaranya Butuh Rp11.251 Triliun, Minta Pihak Lain Ikut Bantu

Presiden Ukraina Volodymr Zelenskyy mengatakan, peringatan udara dikeluarkan Selasa malam di hampir semua negara.

“Anda seharusnya tidak mencari logika dalam tindakan teroris,” kata Zelenskyy dalam video pidato malamnya. “Tentara Rusia tidak beristirahat. Mereka memiliki satu tugas, yaitu untuk mengambil nyawa orang, untuk mengintimidasi orang, sehingga dalam beberapa hari tanpa alarm udara sudah terasa seperti bagian dari teror,” tambahnya.

Sebagian besar aktivitas militer tampak terkonsentrasi di timur Ukraina. Gubernur Kramatorsk mengatakan, karena mereka menampung infrastruktur penting seperti pabrik penyaringan air, target utama Rusia sekarang adalah kotanya dan kota yang berjarak 16 kilometer di utara, yaitu Sloviansk. Kyrylenko menggambarkan penembakan itu sangat kacau dan tanpa target khusus, dan hanya bertujuan untuk menghancurkan infrastruktur sipil dan daerah pemukiman.

Sloviansk juga berada di bawah pengeboman berkelanjutan pada hari Selasa. Walikota Vadim Lyakh mengatakan di Facebook bahwa "penembakan besar-besaran" menghantam Sloviansk, yang memiliki populasi sekitar 107.000 sebelum Rusia menginvasi Ukraina lebih dari empat bulan lalu. Walikota, yang mendesak warga beberapa jam sebelumnya untuk mengungsi, menyarankan mereka untuk berlindung di tempat penampungan.

“Sedikitnya satu orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka Selasa,” kata Lyakh. Dia mengatakan pasar pusat kota dan beberapa distrik diserang, menambahkan bahwa pihak berwenang sedang menilai tingkat kerusakan.

Baca Juga: Dari Penyintas Perang untuk Penyintas Perang: Napalm Girl Vietnam Kawal Pengungsi Ukraina ke Kanada

Serangan bertubi-tubi yang menargetkan Sloviansk mengindikasikan pasukan Rusia maju lebih jauh ke wilayah Donbas Ukraina, kawasan industri yang sebagian besar berbahasa Rusia di mana tentara paling berpengalaman di negara itu terkonsentrasi.

“Sloviansk sebelumnya telah menembakkan roket dan artileri selama perang Rusia di Ukraina, tetapi pemboman itu terjadi dalam beberapa hari terakhir setelah Moskow merebut kota besar terakhir di provinsi tetangga Luhansk,” kata Lyakh.

“Penting untuk mengevakuasi sebanyak mungkin orang,” ujarnya pada Selasa (5/7/2022).
 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x