Kompas TV internasional kompas dunia

Penembakan dalam Perayaan Kemerdekaan AS di Illinois, 6 Tewas dan 24 Luka-luka

Selasa, 5 Juli 2022 | 02:12 WIB
penembakan-dalam-perayaan-kemerdekaan-as-di-illinois-6-tewas-dan-24-luka-luka
Kursi kosong dan kereta bayi ditinggalkan di sepanjang trotoar setelah penonton parade melarikan diri dari penembakan pada parade 4 Juli di Highland Park, Senin, 4 Juli 2022 di Chicago. (Sumber: Tyler Pasciak LaRiviere/Chicago Sun-Times via AP)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

HIGHLAND PARK, ILLINOIS, KOMPAS.TV - Sedikitnya enam orang tewas dan 24 lainnya luka-luka dalam penembakan pada parade 4 Juli di Highland Park pinggiran Chicago, Senin (4/7/2022). Petugas sedang mencari pelaku penembakan yang diduga berasal dari atap bangunan.

Komandan Polisi Highland Park Chris O'Neill, di tempat kejadian, meminta orang-orang untuk berlindung saat pihak berwenang mencari tersangka, yang digambarkan sebagai pria kulit putih yang mengenakan T-shirt putih atau biru.

Juru Bicara Satuan Tugas Kejahatan Utama Lake County Christopher Covelli mengatakan, pria bersenjata itu tampaknya melepaskan tembakan ke arah penonton parade dari atap bangunan menggunakan senapan yang ditemukan di tempat kejadian. Dia belum tahu gedung mana asal tembakan.

Covelli mengatakan polisi yakin hanya ada satu penembak dan belum tertangkap. Polisi mengingatkan terduga pelaku masih harus dianggap bersenjata dan berbahaya.

Polisi belum merilis rincian tentang para korban atau yang terluka.

Pawai kemerdekaan AS ini dimulai sekitar pukul 10 pagi, tetapi tiba-tiba dihentikan sekitar 10 menit kemudian setelah tembakan dilepaskan.

Baca Juga: Penembakan di Pusat Perbelanjaan di Kopenhagen, Sedikitnya Tiga Orang Tewas

Polisi menyisir lokasi kejadian penembakan. Sedikitnya enam orang tewas dan 24 lainnya luka-luka dalam penembakan pada parade 4 Juli di Highland Park pinggiran Chicago (Sumber: Tyler Pasciak LaRiviere/Chicago Sun-Times via AP)

Ratusan pengunjung pawai, beberapa tampak berlumuran darah, melarikan diri dari rute pawai, meninggalkan kursi, kereta bayi, mainan mewah, sepeda, dan selimut.

Polisi mengatakan kepada orang-orang, "Tolong semuanya bubar. Tidak aman berada di sini."

Polisi Highland Park mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin pagi bahwa lima orang telah tewas dan 19 orang dibawa ke rumah sakit, tetapi angka-angka itu direvisi segera setelah konferensi pers.

Video yang diambil oleh seorang jurnalis Sun-Times setelah tembakan terdengar menunjukkan sebuah band di atas kendaraan hias terus bermain ketika orang-orang berlarian melewatinya, berteriak adanya penembakan.


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x