Kompas TV nasional sosial

Wapres Ma'ruf: Sudah Agak Sakit, Almarhum Tjahjo Kumolo Tetap Koordinasi soal Mal Pelayanan

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:51 WIB
wapres-ma-ruf-sudah-agak-sakit-almarhum-tjahjo-kumolo-tetap-koordinasi-soal-mal-pelayanan
Wakil Presiden Maruf Amin sebagai imam saat salat jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Jumat (1/7/2022). (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir di Kementerian PAN RB untuk menyalatkan jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Jumat (1/7/2022).

Wapres Ma'ruf Amien menyatakan Tjahjo Kumolo merupakan menteri yang rajin berkomunikasi dan memberikan laporan.

Kinerja almarhum Tjahjo Kumolo memimpin Kemenpan RB sangat baik, bahkan almarhum tetap bekerja meski kesehatan sedang tidak bugar.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Wapres: Beliau Selalu Memberi Buku untuk Laporannya, Rajin Sekali

Wapres menambahkan, almarhum juga memiliki inisiatif mengumpulkan menteri, gubernur, lembaga, Kapolri dan swasta untuk bersama-sama untuk mengadakan rapat koordinasi dalam rangka mal pelayanan publik. 

"Kira-kira terakhir itu dalam keadaan sudah agak sakit, tetapi menyelenggarakan pertemuan koordinasi antar kementerian/lembaga, gubernur, wali kota, dalam rangka mempercepat mal pelayanan publik," ujar Wapres di Kemenpan RB, Jumat.

Lebih lanjut Wapres menyatakan laporan yang dibuat almarhum Tjahjo berbeda dengan menteri lain di Kabinet Indonesia Maju.

Almarhum selalu menyiapkan buku berisi laporan kinerja Kemenpan RB untuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden di setiap rapat kabinet.

Baca Juga: Sri Mulyani: Tjahjo Kumolo Rekan yang Dapat Diandalkan untuk Reformasi Pemerintahan

"Beliau selalu memberi laporan-laporan dalam bentuk buku, dan rajin sekali kalau sidang kabinet ada buku untuk saya untuk Pak Jokowi. Jadi report-nya dibuat dalam bentuk buku-buku," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, setelah dua pekan terakhir mendapat perawatan intensif. 

Politisi PDIP kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 ini tutup usia di umur 64 tahun sekitar pukul 11.00 WIB, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo Akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata

Tjahjo Kumolo merupakan tokoh senior dalam politik maupun pemerintahan. Tjahjo masuk di pemerintahan dan menjabat sebagai menteri sejak 27 Oktober 2014.

Di Kabinet Kerja Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dan sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan RI (BNPP).

Di periode kedua Presiden Joko Widodo, Tjahjo ditunjuk sebagai Menpan RB di Kabinet Indonesia Maju sejak 23 Oktober 2019.
 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Korban Tabrakan Kereta Dimakamkan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:01 WIB
Close Ads x