Kompas TV nasional hukum

Update Kasus Unggahan Meme Stupa Mirip Jokowi, Polisi Sita Akun Twitter Roy Suryo

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 17:44 WIB
update-kasus-unggahan-meme-stupa-mirip-jokowi-polisi-sita-akun-twitter-roy-suryo
Salah satu netizen yang mengunggah foto editan stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi. Foto ini dimuat Roy Suryo di akun Twitter pribadinya sebagai klarifikasi bahwa dirinya bukan pengunggah pertama, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Twitter Roy Suryo/@KRMTRoySuryo2)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya tengah melakukan penyelidikan terkait kasus eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo, soal meme stupa menyerupai wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terbaru, polisi menyita akun media sosial Twitter milik Roy Suryo.

"Iya disita, yang dia gunakan untuk upload-an itu. Apa itu nama akunnya kemarin yang saya sebutkan @KRMTroysuryo2," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (30/6/2022).

Zulpan mengatakan, penyitaan dilakukan dalam rangka proses penyidikan kasus dugaan penistaan agama oleh Roy Suryo lewat akun media sosial itu.

"Iya akun itu yang dia gunakan," kata dia.

Baca juga: Bela Roy Suryo, Pengacara Bawa Wakil Umat Budha ke Polda: Minta Pembuat Akun Dimediasi

Sebagaimana diberitakan, Roy Suryo telah mengunggah ulang foto stupa Candi Borobudur yang diubah mirip dengan wajah Presiden Jokowi di Twitter.

Akibat unggahan tersebut, Roy Suryo pun dilaporkan ke Bareskrim Polri dengan tuduhan membuat ujaran kebencian yang bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Pihak pelapor adalah perwakilan umat Buddha Indonesia. Laporan tersebut tercatat dengan nomor LP/B/0293/VI/2022/SPKT/BARESKRIM tertanggal 20 Juni 2022.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x