Kompas TV regional peristiwa

Salju Kembali di Dataran Tinggi Dieng

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 16:28 WIB
salju-kembali-di-dataran-tinggi-dieng
Dok. Cuaca ekstrem melanda Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (25/6/2019) pagi. (Sumber: Kompas.id/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

BANJARNEGARA, KOMPAS.TV –  Embun upas atau embun es kembali muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (30/6/2022). Kemunculannya kali ini menandai proses menuju ke puncak musim kemarau di wilayah Jawa Tengah.

”Ini yang kedua pada tahun 2022 karena Januari 2022 lalu ketika suhu 3 derajat celsius, dulu itu sudah bersalju,” terang Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Wisata Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Sri Utami, Kamis (30/6/2022), seperti dikutip Kompas.id.

Menurutnya, salju atau embun es ini menjadi salah satu daya tarik alamiah bagi wisatawan. Para wisatawan bisa menikmati salju di Dieng dengan aksesibilitasnya relatif mudah karena tidak perlu ke puncak gunung, melainkan bisa menikmatinya di pelataran Candi Arjuna.

Baca Juga: Viral ! Suhu Dieng Tembus Minus 1 Derajat Celsius

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang Sutikno dalam berita cuaca menyebutkan, fenomena suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau, atau Juli-September.

 "Saat itu wilayah Pulau Jawa hingga NTT menuju periode puncak musim kemarau," jelasnya. 

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena embun upas di Dieng sebelumnya terjadi pada 2021 tepatnya pada 10 Mei 2021, 7 Juli 2021, lalu 15-16 Juli 2021. Pada 2022, embun upas terjadi pada 4 Januari 2022.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x