Kompas TV internasional kompas dunia

Polisi Bubarkan Parade Pride LGBT di Istanbul, Puluhan Orang Ditangkap Termasuk Jurnalis

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 00:05 WIB
polisi-bubarkan-parade-pride-lgbt-di-istanbul-puluhan-orang-ditangkap-termasuk-jurnalis
Ilustrasi. Bendera pelangi simbol dari LGBT. Pada Minggu (26/6/2022), puluhan partisipan longmars parade Pride untuk memperingati hak-hak LGBT di Istanbul, Turki, dilaporkan ditangkap. Seorang jurnalis AFP juga ditangkap. (Sumber: AP Photo/Emrah Gurel)

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Kepolisian Turki membubarkan longmars parade Pride yang merupakan demonstrasi penerimaan komunitas LGBT di Istanbul, Minggu (26/6/2022). Puluhan partisipan longmars dilaporkan ditangkap, termasuk jurnalis di lapangan.

Menurut laporan The New Arab, seorang fotografer senior AFP turut ditangkap dalam parade tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, fotografer senior Bulent Kilic terlihat diborgol kemudian dibawa ke tahanan polisi. Kilic sendiri pernah ditangkap dalam parade Pride yang sama pada tahun lalu.

Baca Juga: Perayaan Gay Pride Makin Dekat, Komunitas LGBTQ Spanyol Resah dan Gelisah atas Stigma Cacar Monyet

Aparat kepolisian dilaporkan mengangkut puluhan demonstran yang ditangkap menggunakan setidaknya dua unit bus.

Pemerintah Istanbul sendiri telah melarang longmars parade Pride yang sedianya digelar di sekitar Alun-Alun Taksim di jantung kota. Namun, demonstran Pride tetap berkumpul lebih awal dari jadwal dengan pengawalan ketat polisi.

Demonstran kemudian mendesak barikade polisi untuk menggelar longmars Pride. Namun, aparat kemudian berupaya membubarkan massa.

Turki sendiri secara legal tidak melarang aktivitas LGBT selama dilakukan secara konsensual dan di ruang privat.

Meskipun demikian, komunitas LGBT di Turki kerap mengalami perisakan dan pengekangan.

Parade Pride di Istanbul sendiri telah digelar setiap tahun sejak 2003. Namun, kerap beroleh pelarangan dari pemerintah daerah sejak 2015.

Parade Pride Istanbul terkini yang sukses digelar tanpa pelarangan terjadi pada 2014. Waktu itu, parade Pride di Istanbul diikuti puluhan ribu orang, menjadi salah satu kegiatan LGBT terbesar di Turki yang berpopulasi mayoritas Muslim.

Baca Juga: Resmi, Otoritas Qatar Larang Kampanye LGBT di Piala Dunia 2022


 



Sumber : The New Arab

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.