Kompas TV regional berita daerah

Ubi Jalar Sebagai Sumber Makanan Dan Pendapatan Petani

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:05 WIB

Penulis : KompasTV Manado

SANGIHE, KOMPAS.TV- Diberkahi tanah yang subur warga Sangihe khususnya petani ubi puluhan tahun menggantungkan hidup di hasil tanaman, untuk sumber makanan dan pendapatan.

Selain rumbia atau disebut juga sagu sebagai makanan tradisional warga di Kepulauan Sangihe, ada beberapa tanaman lainnya yang di konsumsi wara masyarakat adat sebagai pengganti beras atau nasi.

Salah satunya adalah tanaman ubi, tanaman ini nyaris dijumpai di semua desa di Sangihe. Salah satunya di temui di desa Lenganeng. 

Di atas lahan seluas satu hektar ini, Hontong dan keluarga menggantungkan hidup puluhan tahun sebagai petani ubi bukan hanya sebagai sumber makanan tapi ubi mampu menyekolahkan anak anak dan menjadi sumber pendapatan.

Menurutnya sekali panen biasanya sampai dengan sepuluh keranjang dan habis terjual, untuk usia panen biasanya tiga hingga empat bulan, faktor cuaca ikut mempengaruhi pertumbuhan, sementara itu Hontong mengaku warga sangihe mayoritas kalau bukan petani adalah nelayan.

Sama dengan Hontong, seorang ibu rumah tangga di kampung Salurang, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah yang masuk wilayah konsesi tambang tetap mempertahankan pekerjaan peninggalan orang tua.

Menurut Nesti sebagian petani di kampungnya pernah mencoba menanam padi, namun hasilnya kurang baik dan tidak menguntungkan, berbeda dengan ubi.

Ubi ini biasanya saat panen tidak empat dijual ke pusat kota sudah habis terjual di kampungnya.

Selain dapat dijual mendapatkan penghasilan jatah pengeluaran untuk beras menjadi berkurang karena ubi dipakai sebagai pengganti beras atau nasi. 

Kabupaten Kepulauan Sangihe memang terkenal dengan hasil baik di darat maupun di laut, warga di tempat ini di berkahi tanah yang subur dan laut yang limpah, karena itu tak salah warga Kepulauan Sangihe atau disebut juga Tampunganglawo mayoritas adalah petani dan nelayan.

#kompastvmanado #petani #kepulauan

Jufri Kasumbala Kompas tv Sangihe

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x