Kompas TV regional peristiwa

Ada Fenomena Gelombang Rossby Ekuator, BMKG: Waspadai Potensi Hujan di Wilayah NTT

Kompas.tv - 24 Juni 2022, 18:39 WIB
ada-fenomena-gelombang-rossby-ekuator-bmkg-waspadai-potensi-hujan-di-wilayah-ntt
Ilustrasi - Sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih akan mengalami potensi hujan sedang hingga deras karena adanya gelombang Rossby Ekuator. (Sumber: Fidel Ali)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

KUPANG, KOMPAS.TV – Sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih akan mengalami potensi hujan sedang hingga deras. Hal ini dipengaruhi oleh fenomena gelombang Rossby Ekuator.

"Terdapat Rossby Ekuator yang meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah NTT sehingga berpotensi menimbulkan hujan," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang-BMKG Agung Sudiono Abadi, Jumat (24/6/2022), dikutip dari Antara.

Ini berkaitan juga sebagai peringatan dini cuaca di wilayah NTT selama tiga hari ke depan (24-26 Juni).

Oleh karena itu, dia mengimbau warga untuk mewaspadai fenomena ini karena dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

Adapun gelombang Rossby Ekuator merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang ekuator yang umumnya berlangsung selama 7-10 hari.

Baca Juga: Ancaman Cuaca Ekstrem Rabu 22 Juni, BMKG Beri Peringatan untuk Kabupaten dan Kota Ini

Agung menyebutkan, sejumlah daerah di NTT yang berpotensi terdampak hujan yaitu di Kabupaten Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada.

Selain itu, termasuk di wilayah Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang.

"Masyarakat di daerah berpotensi terdampak tetap terus meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir dampak kerugian akibat bencana," tuturnya.

Agung juga mempersilakan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380) 881613 atau WhatsApp 081139404264.

Selain itu bisa melalui website meteoeltari.com, email [email protected], maupun aplikasi mobile INFO BMKG.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini: 27 Wilayah Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Ringan hingga Ekstrem

 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x