Kompas TV video vod

Jokowi ke Rusia dan Ukraina Dikawal 39 Paspampres, Bawa Laras Panjang hingga Rompi

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:44 WIB

Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 39 Paspampres dipastikan akan mengawal presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina pada pecan depan. 

Persiapan maksimal dalam rangka pengamanan presiden diungkap Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo melalui audio yang dikirimkan kepada wartawan istana. 

Mayjen TNI Tri Budi Utomo  menjelaskan scenario pelatihan teknis sudah digelar paspampres, mulai dari penyelamatan di kereta api, stasiun hingga di jalan raya. 

“Pertama dari internal kita sendiri kita sudah mulai dari beberapa minggu lalu kita sudah mulai latihan sampai hari ini sudah selesai kita latihan terkait dengan bagaimana kira kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kita antisipasi kita sudah latihan. Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di Stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, mengescape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya.”ungkap Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Baca Juga: Gara-gara Tak Punya Kupon, Pemuda Ini Diamankan Paspampres saat Antre Sembako Jokowi

Paspampres akan menggunakan pakaian dinas lapangan TNI dan dilengkapi dengan senjata laras panjang, dan sudah diizinkan oleh pihak ukraina. 

“Perlengkapan pun kita sudah siapkan helm rompi yang kekungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiagan di sana kita juga sudah siapkan semuanya, untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personil paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas.”jelas Budi. 

Sehingga jika dijabarkan total 39 pasukan pengamanan yang dibawa Jokowi ke Ukraina dan Rusia terdiri dari 19 orang ditambah 10 matan, dan 10 paspampres yang sudah tiba lebih dulu di lokasi kunjungan. 

Video Editor: Arief
 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

4 Manfaat Bermain Slime Bagi Anak-Anak

Senin, 15 Agustus 2022 | 19:14 WIB
Close Ads x