Kompas TV regional peristiwa

Sebanyak 70.000 Vaksin PMK akan Disuntikkan ke Hewan Ternak di Wilayah Jabar

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 13:15 WIB
sebanyak-70-000-vaksin-pmk-akan-disuntikkan-ke-hewan-ternak-di-wilayah-jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin (20/6/2022). (Sumber: Humas Pemda Jabar)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV – Sebanyak 70.000 vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK akan disuntikkan ke hewan ternak berkuku belah di wilayah Provinsi Jawa Barat.

"Sebanyak 70.000 vaksin minggu ini akan disuntikkan ke hewan yang sehat. Kalau yang sakit gunakan obat. Warga masyarakat jangan khawatir," terang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Rabu (22/6/2022), dikutip Antara.

Ia memastikan penanganan terhadap infeksi virus PMK di Jawa Barat dilakukan dengan maksimal, salah satunya dengan mempercepat vaksinasi. Untuk itu, masyarakat Jabar diharapkan tetap tenang.

“Penanganan PMK hewan di Jabar tertangani dengan baik menjelang Idul Adha bulan depan, jangan khawatir," kata Kang Emil.

Baca Juga: 800 Ribu Dosis Vaksin PMK Tahap Kedua Tiba Di Indonesia, Diprioritaskan untuk Zona Merah dan Kuning

Ridwan Kamil juga mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban, untuk membeli hewan kurban yang telah memiliki sertifikat sehat yang ditandai dengan lempengan kuning di telinganya.

Hingga saat ini, 40 persen hewan ternak di Jabar yang terpapar PMK sudah dinyatakan sembuh. Sehingga pihaknya berharap dengan tingkat kesembuhan yang tinggi, penyebaran virus PMK bisa secepatnya dikendalikan.

"Sebanyak 40 persen dari yang terpapar sudah sembuh, dengan tingkat kesembuhan yang membaik ini diharapkan secepatnya PMK ini bisa kita kendalikan," ujarnya.

Baca Juga: Pedagang ke Mendag: Jelang Iduladha dan Ada Wabah PMK, Harga Daging Sapi Tembus Rp150.000/Kg

 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x