Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Nakes Honorer Unjuk Rasa Tuntut Pengangkatan P3K

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:22 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ribuan tenaga kesehatan honorer di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Brebes, Senin siang. Para nakes menuntut kesejahteraan nasibnya untuk bisa masuk formasi pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja atau P3K. Upaya ini dilakukan karena mereka cemas Pemerintah pada 2023 berencana akan melakukan penghapusan pegawai honorer.

 

Usai melakukan orasi ribuan honorer ini kemudian melakukan doa bersama dengan bersujud di halaman gedung wakil rakyat tersebut. Mereka berharap Pemerintah bisa menjadikan mereka sebagai pegawai P3K seperti ribuan guru honorer yang telah diangkat menjadi P3K.

 

Perwakilan nakes honorer ini, kemudian melakukan audiensi dengan Pemkab Brebes dan Anggota Dewan. Ketua forum tenaga kesehatan honorer, FTKH Brebes, Bambang Kuntoro, menjelaskan ada sebanyak 2.119 nakes honorer di Brebes saat ini butuh kejelasan nasib mereka. Terlebih gaji yang mereka dapat selama ini jauh lebih dari layak. 

 

DPRD Brebes merespon tuntutan nakes untuk segera diproses menjadi pegawai P3K dengan menyesuaikan anggaran. Dewan berharap Pemerintah harus bisa memikirkan nasib honorer agar bisa diangkat masuk menjadi pegawai P3K, dengan mengalokasikan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU).

 

Menanggapi tuntutan nakes honorer, Pemkab Brebes akan segera berkirim surat  ke Pemerintah pusat sambil melakukan validasi jumlah total nakes honorer yang akan diusulkan, agar bisa menjadi P3K. Usai melakukan aksi demo, ribuan nakes honorer membubarkan diri dengan tertib dengan pengamanan Polisi.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x