Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas Elektabilitas PDIP Tertinggi, Andreas: Kami Konsisten Sikap dan Perbuatan

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 10:24 WIB
survei-litbang-kompas-elektabilitas-pdip-tertinggi-andreas-kami-konsisten-sikap-dan-perbuatan
Elektabilitas Parpol sesuai hasil Survei Litbang Kompas (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) mengaku tidak hanya bekerja secara event untuk dapat mempertahankan eksistensi sebagai partai politik dengan elektabilitas tertinggi.

 

Demikian Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira merespons hasil survei litbang Kompas yang menempatkan PDI Perjuangan sebagai parpol dengan elektabilitas tertinggi dengan perolehan 22,8 persen di Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Selasa (21/6/2022).

“Itu adalah suatu proses yang kontinyu, partai itu tidak bekerja hanya ketika menjelang event-event politik, kita bekerja secara kontinyu. Bagaimana membumikan ideologi di dalam kerja-kerja nyata partai,” ucap Andreas.

Baca Juga: Pengamat Lingkar Madani: Hasil Survei Litbang Kompas Bungkam ‘Lanjutkan’ Jokowi di 2024

“Sehingga konsolidasi ini dilakukan terus-menerus di setiap jenjang struktural partai, sehingga ini juga kelihatan pada elektabilitas partai yang relatif stabil bahkan meningkat lebih di atas dari hasil pemilu 2019. Nah ini juga tentu sangat erat kaitannya dengan karakter partai,  karakter yang sangat kuat diwarnai oleh ideologi partai dan tentu kepemimpinan.”

Sebab, lanjut Andreas, di Indonesia faktor pemilih dilihat dari figure kepemimpinan yang mereka bisa percaya dan berintegritas.

“Kalau Bung Karno bilang satunya kata dan perbuatan, nah itu yang perlu dilakukan oleh pemimpin, sehingga dengan demikian rakyat memilih itu melihat dari konsistensi sikap dan perbuatan partai tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Partai Demokrat, Elektabilitas Tertinggi Nomor 3 Menurut Survei Litbang Kompas

Menurut Andreas, soal figur pemimpin juga punya pengaruh. 

“Saya kira faktor ini mempunyai pengaruh yang cukup kuat sehingga elektabilitas selama tidak tidak ada event-event besar seperti Pemilu, Pileg dan Pilpres tetapi PDIP konsisten bahkan menaik dan meningkat.”

Berdasarkan hasil Survei Litbang Kompas, elektabilitas PDIP berada di posisi memimpin dengan perolehan 22,8 persen.

Perolehan PDIP, kemudian disusul Partai Gerindra dengan peroleh 12,5 persen. Lalu, Partai Demokrat di urutan ketiga dengan hasil 11,6 persen, dan Partai Golkar 10,3 persen.

untuk diketahui, PDIP, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Golkar adalah partai yang menduduki papan atas dalam tren elektabilitas partai politik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x