Kompas TV entertainment musik

Terungkap, Nirvana Ternyata Pernah Tolak Jadi Band Pembuka Konser Metallica dan Guns N Roses

Minggu, 19 Juni 2022 | 08:05 WIB
terungkap-nirvana-ternyata-pernah-tolak-jadi-band-pembuka-konser-metallica-dan-guns-n-roses
Gitaris Metallica Kirk Hammett (kiri), vokalis Nirvana mendiang Kurt Cobain (tengah), dan vokalis Guns N Roses Axl Rose (kanan). (Sumber: Getty Images via NME)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV – Nirvana ternyata pernah menolak tawaran menjadi band pembuka tur dua band rock terbesar di tahun 90-an, Metallica dan Guns N’ Roses. Hal ini diungkap oleh gitaris Metallica Kirk Hammett, seperti dikutip dari NME, Sabtu (18/6/2022).

“Saya harus menelepon Kurt (Cobain, mendiang vokalis Nirvana) untuk berbicara tentang kemungkinan bergabung dengan tur kami,” kenang Hammett. 

“Dan dia lalu terus bicara tentang betapa dia tak suka dengan yang Guns N’ Roses lakukan dan saya bilang padanya, ‘Tampillah dan wakili Nirvana, mainlah di konser kami dan setelah itu, selesai’,” imbuh Hammett.

Baca Juga: Bayi di Sampul Album Nevermind Gugat Nirvana Terkait Pornografi Anak

“Saya memohon padanya, tetapi dia tetap tak mau. Jadi ya begitulah. Akan sangat bagus jika Nirvana jadi bagian tur itu. Tetapi Anda tahu, Faith No More juga bagus,” terang Hammett merujuk band yang kemudian menggantikan Nirvana membuka penampilan tur konser Metallica dan Guns N' Roses di tahun 1992.

Cobain Benci Sosok Axl Rose

Mantan drummer Nirvana, Dave Grohl juga menyebut bahwa vokalis Guns N’ Roses, Axl Rose, sempat meminta Cobain secara personal agar Nirvana tampil membuka tur gabungan itu.

“Guns N’ Roses akan melakukan tur stadion besar-besaran dengan Metallica, dan mereka ingin kami jadi pembuka,” ucap Grohl, dikutip dari Blabbermouth.

“Jadi Axl menelepon Kurt nonstop. Satu hari kami sedang berjalan di bandara dan Kurt ngomong, 'Sial. Axl Rose tak henti-hentinya meneleponku',” kenang Grohl.

Di tahun itu, pada salah satu media LGBT The Advocate, Cobain menyebut Axl sebagai sosok “seksis, rasis dan homofobik". 

"Dan kau tak bisa berdiri di pihaknya sekaligus pihak kami. Maaf jika saya harus menarik garis batas seperti ini, tetapi ini sesuatu yang tak bisa diabaikan,” tandas Cobain.

“Dan lagipula, mereka tak bisa menulis musik yang bagus,” imbuhnya, merujuk musikalitas Guns N’ Roses.

Baca Juga: Spencer Elden Kekeh Permasalahkan Sampul Album Nevermind, Pihak Nirvana Buka Suara

Dalam memoarnya Bumping Into Geniuses, manajer Nirvana Danny Goldberg mengungkap bahwa saat Axl Rose meminta bertemu dengan Cobain di belakang panggung usai konser, Kurt menolak.


Sumber : NME/Blabbermouth

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x