Kompas TV nasional agama

Cuaca Ekstrem Arab Saudi sampai 44 Derajat Celcius, Kemenag Diwanti-wanti Ingatkan Jemaah Haji

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 11:38 WIB
cuaca-ekstrem-arab-saudi-sampai-44-derajat-celcius-kemenag-diwanti-wanti-ingatkan-jemaah-haji
Jamaah haji Indonesia saat berangkat dari bandara Juanda, Surabaya, Sabtu, (4/6/2022). Kemenag diingatkan agar terus perhatikan jemaah haji di balik peningkatan cuaca ekstrem di Arab Saudi yang mencapai 44 derajat (Sumber: Straits Times)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI TB Ace Hasan Syadzily meminta Kementerian Agama (Kemang) memberi sosialisasi dan edukasi kepada jamaah calon haji untuk waspada.

Apalagi, cuaca yang panas dan ekstrem di Arab Saudi terjadi menjelang pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2022.

Kondisi di Arab Saudi saat ini  sedang mengalami musim panas dengan suhu rata-rata 40-44 derajat celcius, bahkan suhunya bisa lebih tinggi dari yang diperkirakan.

"Kami mendapatkan informasi bahwa musim haji tahun 2022 dengan temperatur udara yang cukup panas di Arab Saudi,” kata Ace dikutip dari situs resmi DPR RI pada Jumat (17/6/2022).

Ace juga meminta Kemang agar terus mengigntkan dan memberikan sosialisasi terkait suhu di Arab Saudi ini yang bisa mengganggu jemaah.

“Karena itu Kementerian Agama diharapkan dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada jemaah calon haji untuk waspada dalam menghadapi cuaca yang panas ini," ujarnya.

Untuk itu, Ace menilai, pentingnya sosialisasi dan edukasi terkait cuaca ekstrem di Arab Saudi untuk terus dilakukan oleh pemerintah dan petugas haji demi menjaga keselamatan jemaah haji.

"Komisi VIII DPR juga meminta Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan harus memberikan pengetahuan kepada jemaah calon haji untuk mempersiapkan payung selama di luar hotel," ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Baca Juga: 5 Barang Ini Jadi Bekal Jemaah Haji Antisipasi Cuaca Ekstrem Arab Saudi, Ada Potensi Badai Pasir

Selain itu, Ace meminta kepada para jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan kebutuhan air minum agar tidak terjadi dehidrasi selama musim haji.

Ia juga menyarankan agar para jemaah haji memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi selama menjalani ibadah haji di saat musim panas di Arab Saudi.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi melalui aplikasi e-Haj mengumumkan bahwa jamaah haji reguler mendapat 92.825 kuota.


Sementara untuk haji khusus, Saudi juga sudah menentukan jumlah kuota-nya, sebesar 7.226 jemaah. Kuota petugas tahun ini berjumlah 1.901 orang.

Sehingga, total jumlah kuota haji Indonesia sebanyak 100.051 orang di tahun 2022.

Indonesia sendiri mulai memberangkatan haji sejak 4 Juni 2022 lalu dan per Kamis (16/6) sudah ada 32.732 jemaah yang diberangktkan ke tanah suci. 



Sumber : Kompas TV/Dpr.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x