Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Dramatis! Belanda Tangkap Intelijen Rusia yang Coba Menyusup Pengadilan Kriminal Internasional

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 05:45 WIB
dramatis-belanda-tangkap-intelijen-rusia-yang-coba-menyusup-pengadilan-kriminal-internasional
Pengadilan Kriminal Internasional, atau ICC, di Den Haag, Belanda. Pemerintah Belanda mengumumkan mereka menangkap dan mendeportasi intel Rusia balik ke Brasil, yang 12 tahun membangun kisah latar di Brasil agar bisa menyusup ke Belanda. (Sumber: AP Photo/Peter Dejong, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

DEN HAAG, KOMPAS.TV - Belanda menghentikan mata-mata Rusia yang menyamar sebagai pekerja magang Brasil untuk menyusup ke Pengadilan Kriminal Internasional ICC, yang sedang menyelidiki kejahatan perang di Ukraina.

Warga Rusia, yang diidentifikasi sebagai Sergey Vladimirovich Cherkasov, 36, terbang ke Belanda bulan April menggunakan kisah penyamaran rumit yang dia buat selama 12 tahun terakhir.

Namun pihak berwenang Belanda mengatakan mereka melihat identitas palsunya sebagai warga negara Brasil berusia 33 tahun bernama Viktor Muller Ferreira, dan membuka kedoknya sebagai agen intelijen militer GRU Moskow.

Cherkasov dipulangkan pada penerbangan berikutnya kembali ke Brasil, di mana polisi mengatakan dia ditangkap karena penipuan identitas.

Belanda mengatakan Cherkasov bisa saja mengakses intelijen "sangat berharga" dalam penyelidikan ICC atas kejahatan perang di Ukraina atau bahkan memengaruhi proses pidana di pengadilan yang berbasis di Den Haag.

Kepala Dinas Intelijen dan Keamanan Umum Belanda, atau AIVD, mengatakan "sangat jarang" menangkap agen Rusia "kaliber ini".

"GRU menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menciptakan identitas palsu ini. Ini adalah upaya yang sangat besar," kata Erik Akerboom seperti dikutip oleh kantor berita ANP Belanda, Kamis (16/5/2022).

Baca Juga: Intelijen Inggris Ungkap Rusia Kehabisan Senjata, Disebut Mulai Gunakan Rudal Kuno dari Era 1960-an

Ilustrasi tentara Rusia. Intelijen Inggris ungkap Rusia kehilangan sepertiga pasukannya di Ukraina. (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, File)

Cherkasov adalah apa yang disebut "ilegal" - istilah mata-mata untuk agen yang tinggal di luar negeri dengan identitas palsu selama bertahun-tahun, yang "identitas penyamarannya dibangun dengan baik" menyembunyikan semua hubungan dan kaitan dengan Rusia, kata AIVD.

Dalam adegan yang mungkin berasal dari novel mata-mata, Belanda bahkan merilis dokumen empat halaman yang menjelaskan "legenda" Cherkasov yang kemungkinan ditulis oleh Cherkasov sendiri sekitar tahun 2010.

Dokumen yang sangat rinci dalam bahasa Portugis namun dengan kesalahan tata bahasa, termasuk kisah latar belakangnya, seperti hubungannya yang diduga bermasalah dengan orang tuanya, kebenciannya pada ikan, cintanya pada seorang guru.

Kisah yang dibuat juga mencoba menutupi keraguan tentang keturunan Brasilnya, mengatakan dia dijuluki "Gringo" karena "tampak seperti orang Jerman" dan menyertakan alamat lengkap sebuah restoran di Brasilia dengan "rebusan cokelat terbaik di kota" dan klub malam, dalam upaya nyata untuk mendukung cerita penyamarannya.

Namun dinas intelijen Belanda menunjuknya sebagai "ancaman bagi keamanan nasional" dan memberi tahu dinas imigrasi.

"Dengan alasan ini, orang yamg dituding sebagai agen intel Rusia itu ditolak masuk ke Belanda pada bulan April dan dinyatakan tidak dapat diterima. Dia dikirim kembali ke Brasil pada penerbangan pertama," kata AIVD.

Baca Juga: Intelijen Rusia Samakan Tindakan Kemlu AS dengan Badan Propaganda Nazi, Ini Alasannya



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x