Kompas TV nasional peristiwa

DPP PDIP Minta Ganjar Hingga Gibran Buat Laporan Tiap Satu Bulan Sekali ke Megawati Soekarnoputri

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 17:23 WIB
dpp-pdip-minta-ganjar-hingga-gibran-buat-laporan-tiap-satu-bulan-sekali-ke-megawati-soekarnoputri
Gubernur Jawa Tengah hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022). (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membuat laporan setiap satu bulan sekali.

Hal itu dilakukan, karena Ganjar hingga Gibran adalah bagian dari kepala daerah asal PDI Perjuangan yang diminta peka terhadap ancaman krisis pangan.

Dalam laporan yang disampaikan, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta seluruh kepala daerah menyampaikan progress atas instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang menginisiasi gerakan menanam sepuluh tanaman pengganti beras pada Maret 2020.

“ni yang harus digalakkan saudara-saudara sekalian. Karena ancaman krisis pangan ini semakin nyata sehingga kepala daerah kita harus membuat laporan setiap bulan kepada DPP untuk dilaporkan pada Ketum bagaimana gerakan penanaman ini,” ujarnya Hasto dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jawab Dukungan Nasdem untuk Capres 2024: Saya PDI Perjuangan

“Bagaimana gerakan rakyat hidup sehat di tengah-tengah perang ekonomi yang menciptakan inflasi yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang menurun yang dihadapi ini, dan dunia menghadapi resesi ancaman.”

Apalagi, kata Hasto, dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Ketum PDI Perjuangan kemarin ditegaskan bahwa krisis pangan adalah ancaman yang serius.

“Kemarin Bapak Presiden bertemu dengan Ibu Mega menegaskan bahwa ancaman krisis pangan ini ancaman serius. Beruntung ketua umum kita ini perempuan sehingga memiliki kepekaan terhadap itu,” ucap Hasto.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto juga menyampaikan pesan Megawati agar kepala daerah dari PDI Perjuangan mampu menyikapi dampak pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Selain itu, Hasto juga meminta kepada kepala dan wakil kepala daerah untuk tidak memikirkan kontestasi politik 2024.

Baca Juga: Tinjau Sarinah Jakarta, Megawati Bersyukur Relief yang Disembunyikan Ditemukan dan Dipasang Kembali

Pasalnya, tegas Hasto, PDI Perjuangan mempunyai mekanisme tersendiri dalam menentukan hal tersebut, sehingga kepala dan wakil kepala daerah fokus saja dengan program pemerintah di bawah Presiden Jokowi.

Dalam rakor terlihat hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hadir secara langsung.  Termasuk, Sekjen Hasto Kristiyanto, Komarudin Watubun, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Nusyirwan Soedjono, Sri Rahayu, dan Rokhmin Dahuri.

Kemudian, ada hadir juga Bambang Wuryanto, Wuryanti Sukamdani, Olly Dondokambey, Hamka Haq, Djarot Saiful Hidayat, Rudiyanto Tjen, Wempi Wetipo. Sementara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri hadir secara virtual.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x