Kompas TV regional berita daerah

Antisipasi Pmk Hewan Ternak Sapi Jelang Idul Adha

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 19:40 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Guna mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak sapi dan kambing  Balai Karantina Pertanian Kelas Satu Manado mengimbau warga untuk membeli hewan ternak dari lokal jelang Idul Adha.

Langkah antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku di Sulawesi Utara terus digalakan pihak Balai Karantina Pertanian kelas satu Manado. Berbagai sosialisasi telah dilakukan hingga pada para peternak hewan sapi dan kambing di wilayah Sulawesi Utara.

Jelang hari raya Idul Adha pihak Balai Karantina Pertanian kelas Satu Manado akan segera melakukan pertemuan bersama dengan pihak panitia hari raya kurban disetiap Masjid terkait mengantisipasi PMK.

Kepala Balai Karantina Pertanian Manado Donni Muksydayan menyampaikan imbauannya pada warga,  pada saat hari raya Idul Adha untuk menggunakan sapi lokal Sulawesi Utara. Hal ini untuk mencegah penyebaran PMK pada sapi dan kambing di Sulut.

Langkah antisipasi juga dilakukan jika ada lalulintas sapi luar daerah yang masuk, harus terlebih dahulu dikarantina selama 14 hari dengan pemantauan khusus dari karantina pertanian. Untuk itu diimbau warga menggunakan sapi lokal agar tidak ada yang terjangkit PMK usai hari raya Idul Adha.

Dari data yang ada kebutuhan sapi kurban hanya sekitar 2 ribuan ekor sementara populasi sapi lokal di Sulut jauh melebihi yakni 27 ribuan ekor.

Jelang Idul Adha, Pemerintah terus melakukan pengawasan, ada satu titik yang akan mencadi check poin yang berada di Kabupaten Bolmut di jalur Trans Sulawesi yang merupakan perbatasan dimana setiap angkutan hewan ternak sapi yang melintas masuk akan diperiksa.

Diketahui Provinsi Sulut masih dinyatakan zona hijau bebas PMK, namun demikian pihak karantina pertanian terus melakukan pengawasan, Pemerintah masih melarang daging sapi mentah masuk Sulut.

#kompastvmanado #bkpm #pmk

Aldy Pascoal Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x