Kompas TV regional peristiwa

5.643 Calon Haji dari Embarkasi Solo Sudah Diterbangkan ke Tanah Suci

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 12:16 WIB
5-643-calon-haji-dari-embarkasi-solo-sudah-diterbangkan-ke-tanah-suci
Ilustrasi kabah. Embarkasi Solo telah berangkatkan 5.643 calon haji ke Tanah Suci (Sumber: Agung Pribadi)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Sebanyak 5.643 calon haji asal Jawa Tengah telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari Embarkasi Solo. Jemaah tersebut terbagi dari 16 kelompok penerbangan (kloter) yang mulai diberangkatkan perdana pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Selain para jemaah, Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin mengatakan ada petugas haji dan pembimbing yang turut diberangkatkan bersama jemaah calon haji tersebut.

"Total yang diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 16 kloter, yakni 5.730 orang. (Meliputi) 5.643 Jemaah Haji, 64 Petugas Haji, 22 PHD, 1 Pembimbing KBIHU," kata Sarif Sahrul Samsudin dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS.TV, Rabu (15/6/2022).

Ia juga melaporkan, selama kurang lebih dua belas hari pemberangkatan, total jemaah berikut petugas haji yang tiba di tanah suci sebanyak 15 kloter. Adapun jumlahnya, sebanyak 5.370 orang terdiri dari 5.290 jemaah haji, 60 petugas haji, 19 petugas haji daerah, dan 1 Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBHU).

Sementara itu, per hari ini, ada dua orang calon haji yang ditunda keberangkatannya ke kloter lain karena sakit.

Baca Juga: Jemaah Haji Ingin Dekat dan Mencium Hajar Aswad Karena Hikmah dan Sejarahnya Ini

Mereka adalah Sri Saini Parman (55) dari kloter 8 asal Kabupaten Kudus dan Mulyati Jamroji Ahmad Sayuti (61) dari kloter 16 asal Kota Semarang. Keduanya, kini di rawat di RS Moewardi dan RS TNI AU.

Melansir Antara, Sarif mengatakan jemaah sakit dan dirujuk sebelumnya ada sembilan orang, tetapi karena sudah dinyatakan sembuh dan layak terbang, mereka diberangkatkan ke Tanah Suci dengan calon haji kloter berikutnya.

"Begitu juga terhadap dua jemaah yang masih dirawat di rumah sakit, jika dokter yang merawat sudah memberikan rekomendasi jamaah layak terbang akan diikutkan ke Tanah Suci dengan kloter berikutnya," katanya.

Adapun hari ini, pihaknya akan menerima kedatangan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kami dijadwalkan kedatangan JCH kloter 18 asal Sleman, DIY di asrama haji. Rombongan calon haji asal Sleman rencana tiba di asrama haji pukul 13.00 WIB," kata Sarif.

Untuk diketahui, kloter 18 dari Kabupaten Sleman terdari 356 jemaah calon haji dan akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Kamis (15/6) pukul 06.35 WIB.

Baca Juga: Isak Tangis Zaenuri, Tak Percaya bisa Haji setelah 24 Hari Bergulat antara Hidup-Mati karena Covid



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x