Kompas TV nasional agama

Sistem Acak, 1.300 Jemaah Haji Indonesia Dapat Hotel Bintang 5, Jaraknya 50 Meter dari Masjid Nabawi

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 15:16 WIB
sistem-acak-1-300-jemaah-haji-indonesia-dapat-hotel-bintang-5-jaraknya-50-meter-dari-masjid-nabawi
Ilustrasi Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Ada sekitar 1.300 jemaah haji Indonesia 2022 beruntung dapat hotel bintang lima di Madinah  (Sumber: SHUTTERSTOCK/SAMAREEN)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada 1.300 jemaah haji Indonesia yang beruntung menempati hotel bintang 5 di Madinah. Jaraknya cuma 50 meter dari Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Hal itu diungkap Kepala Seksi Akomodasi Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ihsan Faisal, yang menjelaskan bahwa ada empat kloter yang kebagian kamar di hotel bintang 5 ini.

Menurut Ihsan, sistem untuk mendapatkan fasilitas hotel ini ternyata acak, dan tidak ada perlakuan atau fasilitas khusus yang berbeda dengan jemaah lainnya.

Hanya saja, menurut Ihsan, jemaah haji 2022 bisa menikmati fasilitas hotel bintang 5 ini selama mereka ada di Madinah saja.

Fasilitas ini didapat karena adanya satu kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memberikan fasilitas hotel bintang 5 pada jemaah. 

Siapa saja kloter jemaah haji yang beruntung itu?

Menurut Faisal, empat kloter tersebut berasal dari embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), Surabaya (SUB) dan Batam (BTH).

"Jemaah dari empat kloter itu ditempatkan di hotel Pullman Zamzam Madinah, hotel bintang 5 berstandar, pelayanan dan fasilitas internasional. Jarak ke Masjid Nabawi hanya 50 meter," katanya, di Madinah, dikutip dari situs Kemenag, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Update Haji 2022: Seorang dari Jemaah Jawa Timur Meninggal Dunia, 49 Orang Sakit

Ia menyebut, hotel-hotel ini bagus dan punya standar internasional, serta bisa menjadi penunjang jemaah karena jaraknya yang dekat dengan masjid Nabawi.

“Total ada 1.300 jemaah. Alhamdulillah, bisa menempatkan jemaah di hotel bintang 5. Semua standar internasional. Karena sudah kebijakan dari pihak pemerintah Arab Saudi," kata Ihsan.

Adapun petugas yang bertugas di hotel Pullman Zamzam Madinah ada 16 orang, juga ada petugas dari sektor 3 Madinah.

"Semoga jemaah nyaman dan tenang beribadah. Semoga terus sehat biar lancar melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi," ujar Ihsan.

Diketahui sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan bahwa Indonesia mendapat kuota haji sebanyak 100.051 jemaah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x