Kompas TV entertainment lifestyle

Hentikan Sekarang Juga! Ini Bahaya Buka HP Usai Bangun Tidur

Kompas.tv - 14 Juni 2022, 06:04 WIB
hentikan-sekarang-juga-ini-bahaya-buka-hp-usai-bangun-tidur
Ilustrasi membuka hp saat bangun tidur. (Sumber: Pexels/Eren Li)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Handphone (hp) kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari umat manusia. Membuka hp sesaat setelah bangun tidur ternyata menjadi kebiasaan bagi banyak orang.

Memeriksa pesan, email, scrolling media sosial, hingga mencari berita dan informasi terbaru seakan menjadi ritual bangun pagi yang biasa.

IDC Research Report menemukan bahwa 79 persen dari 7.446 pengguna iPhone dan Android di Amerika Serikat membuka hp dalam waktu 15 menit saat bangun tidur.

Baca Juga: Selain Thailand, 5 Negara Ini Melegalkan Ganja, Mana Saja?

Studi tersebut juga menemukan ada 62 persen dari responden mengaku mengambil hp mereka secepatnya begitu bangun tidur dan 44 persen mengambil hp sebagai alarm.

Tanpa sadar, membuka hp saat bangun tidur ternyata berbahaya bagi otak.

Apa yang terjadi pada otak saat membuka hp?

Melansir dari Forbes, Selasa (14/6/2022), ketika seseorang bangun di pagi hari, otak berakhir dari gelombang delta yang terjadi dalam kondisi tidur nyenyak, ke gelombang theta, yang terjadi selama kondisi melamun.

Kemudian, otak akan bekerja untuk menghasilkan gelombang alfa, keadaan terjaga tetapi dalam situasi yang santai dan tidak memproses banyak informasi.

Saat seseorang langsung membuka hp, maka sama saja dengan memaksa otak untuk masuk ke gelombang beta, melewatkan tahap theta dan alfa yang penting bagi otak.

Baca Juga: Penelitan Sebut Minum Kopi Berpeluang Hidup Lebih Lama, Ini Penjelasannya

Mengapa tahap theta dan alfa penting?

Tahap theta merupakan keadaan di mana otak mengalir bebas dan tanpa sensor. Scientific American melaporkan bahwa keadaan ini menjadi waktu yang ideal untuk melakukan refleksi pagi.

“Waktu yang ideal untuk memasuki pikiran bawah sadar Anda untuk memvisualisasikan apa yang Anda inginkan dan membantu otak Anda untuk melakukan tindakan,” demikian laporan tersebut.

Melewatkan keadaan theta dan alfa juga sama saja membuat otak siaga dengan gangguan. Terlebih, jika Anda menemukan konten atau informasi yang negatif di pagi hari yang cenderung memicu stres.

Hal ini dapat terjadi selama satu hari penuh, di mana Anda dapat merasa gelisah. Email pekerjaan, daftar tugas, dan beberapa pengingat mungkin secara tidak langsung akan melelahkan bagi Anda.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik di Dunia 2023 Versi QS WUR, Referensi untuk Kuliah di Luar Negeri

Mengutip Times of India, buka hp saat bangun tidur juga memicu perasaan fear of missing out (FOMO), perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, sementara kita tidak bisa melakukannya.

Beberapa hal tersebut, akhirnya akan bermuara pada kecemasan dan stres yang membuat pikiran kacau dan produktivitas terhambat.

Alih-alih membuka hp saat bangun tidur, cobalah untuk melakukan aktivitas pagi hari yang lebih positif, menyeduh kopi atau bermeditasi bisa menjadi alternatif.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x