Kompas TV internasional kompas dunia

Jasad Diduga Pakar Masyarakat Adat Brasil dan Jurnalis Inggris Ditemukan di Amazon, Terikat di Pohon

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 21:23 WIB
jasad-diduga-pakar-masyarakat-adat-brasil-dan-jurnalis-inggris-ditemukan-di-amazon-terikat-di-pohon
Ilustrasi. Dua bocah dari suku Mayuruna memandangi sungai yang membentang di Atalaia do Norte, negara bagian Amazonas, Brasil, Minggu (12/6/2022). Pada Senin (13/6/2022), dua jasad yang diduga merupakan pakar masyarakat adat Brasil, Bruno Pereira dan jurnalis Inggris Raya, Dom Phillips ditemukan di hutan Amazon. (Sumber: Edmar Barros/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Dua jasad yang diduga merupakan pakar masyarakat adat Brasil, Bruno Pereira, dan jurnalis Inggris Raya, Dom Phillips, ditemukan di hutan Amazon. Keduanya telah menghilang selama satu pekan.

Menurut laporan The Guardian, Senin (13/6/2022), kabar penemuan jasad ini disampaikan oleh Duta Besar Brasil untuk Inggris Raya Fred Arruda kepada keluarga Phillips Senin pagi waktu setempat.

“Dia (Dubes Brasil) ingin memberi tahu kami bahwa mereka telah menemukan dua mayat,” kata Paul Sherwood, saudara ipar Phillips.

“Dia tidak menyebutkan lokasinya dan sekadar menyampaikan bahwa itu terjadi di hutan tropis (Amazon) dan mereka bilang jasad-jasad itu diikat ke sebatang pohon dan belum diidentifikasi.”

“Dia berkata bahwa ketika hari sudah terang atau ketika sudah dimungkinkan, mereka akan melakukan identifikasi,” pungkas Sherwood.

Baca Juga: Aksi Kejam Polisi Brasil, Pria Ini Tewas Setelah Dijebak di Mobil Polisi dan Dilempar Gas

Pereira dan Phillips hilang dalam perjalanan reportase menggunakan perahu ke daerah terpencil Amazon pada 5 Juni 2022. Keduanya tengah meliput di Vale do Javari, salah satu wilayah masyarakat adat terbesar di Brasil.

Masyarakat adat setempat menyebut Pereira dan Phillips kerap diancam karena pekerjaannya di wilayah itu. Masyarakat adat di Javari selama ini terancam oleh penangkapan ikan ilegal, penebangan liar, penambangan, dan penyelundupan kokain.

Pada Sabtu (11/6), tim pencarian dari masyarakat adat dan polisi menemukan barang-barang milik Pereira dan Phillips. Temuan ini bermula ketika relawan masyarakat adat melihat selembar terpal biru di area hutan yang banjir di Sungai Itaquai, Lembah Amazon.

Kemudian, relawan masyarakat adat kembali ke lokasi itu, kali ini bersama polisi militer Brasil dan seorang reporter. Mereka menemukan barang-barang yang terapung di area tersebut.

Pada Minggu (12/6) malam waktu setempat, kepolisian Brasil mengonfirmasi bahwa barang-barang itu milik Pereira dan Phillips. Barang-barang itu di antaranya adalah sepasang celana, sepatu, pakaian, dan kartu jaminan kesehatan milik Pereira.

Kepolisian juga menangkap seorang nelayan yang diduga terkait hilangnya Pereira dan Phillips. Nelayan itu memiliki perahu dengan bekas darah yang kini tengah diperiksa.

Nelayan bernama Amarildo dan Costa alias “Pelado” itu tengah diperiksa aparat dan dijerat dengan pasal kepemilikan amunisi ilegal.

Seorang pemimpin masyarakat adat yang enggan diungkapkan identitasnya menduga Pereira dan Phillips dibunuh oleh orang suruhan bandar narkoba.

"Ini adalah kehilangan besar bagi masyarakat adat, dua orang yang berjuang dan memberikan nyawanya untuk masyarakat adat agar kami bisa hidup damai," kata pemimpin itu kepada BBC.

"Seorang nelayan suruhan bandar narkoba akan melakukan apa yang mungkin mereka lakukan kepada Bruno (Pereira), mengakhiri hidup kami, karena mereka melihat kami sebagai rintangan," lanjutnya.

Baca Juga: Masyarakat Adat di Sekitar IKN Nusantara Khawatir, Takut Hak-Hak Tak Dihargai

 



Sumber : Kompas TV/The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x