Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Pendaftaran Merek Bagi UMKM, Kemenkumham Sulsel & BBSPJIHPMM Jalin Kerjasama

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 21:08 WIB
tingkatkan-pendaftaran-merek-bagi-umkm-kemenkumham-sulsel-bbspjihpmm-jalin-kerjasama
Penendatanganan Perjanjian Kemenkumham Sulsel & BBSPJIHPMM Jalin Kerjasama (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) bersama Balai Besar Standardisasi Dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam, dan Maritim (BBSPJIHPMM) Kementerian Perindustrian sepakat bekerjasama terkait Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam hal pendampingan dan pendaftaran merek bagi UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah).

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak dengan Kepala BBSPJIHPMM Setia Sidarta pada kegiatan Temu Pelanggan BBSPJIHPMM 2022 di Hotel Four Point Makassar, Kamis (09/06).

Isu MoU terkait dengan pendampingan dan pendaftaran merek bagi UMKM dalam rangka perlindungan HKI di Indonesia Timur. Diharapkan dengan kerjasama ini kedua lembaga bersinergi memberikan bimbingan sosialisasi, pelatihan pemahaman terhadap HKI pada UMKM di Indonesia Timur

Liberti Sitinjak mengatakan bahwa melalui kerjasama ini dapat meningkatkan pendaftaran KI di kawasan Indonesia Timur yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Para Pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Kerja Sama tentang Pendampingan dan Pendaftaran Merek Bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam Rangka Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia Timur," Kata Liberti.

Lebih lanjut, Liberti mengatakan bahwa ini dalam rangka mewujudkan kolaborasi dalam pendampingan dan Pendaftaran Merek Bagi UMKM dalam Rangka Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia Timur.

Ruang lingkup dari kerja sama ini adalah dalam Pelaksanaan Pendampingan dan Pendaftaran Merek Bagi UMKM dalam Rangka Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Indonesia Timur dan Pelaksanaan sosialisasi, pelatihan pemahaman terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Sementara itu, Kepala BBSPJIHPMM, Setia Diarta mengatakan, BBIHPMM harus siap mengembangkan sayap yang lebih besar, mampu merangkul berbagai pihak.

"Temu Pelanggan tahun ini mengusung tema Transformasi BBSPJIHPMM melalui Indie-Services Menuju Layanan Industri Berkelanjutan Guna Mewujudkan Industri Nasional Yang Mandiri Dan Berdaya Saing. Tema tersebut sesuai dengan tema yang digagas Indonesia, Recover Together, Recover Stronger dengan semangat Pulih Bersama," Kata Setia Diarta.

Beberapa pembicara hadir dalam acara ini yakni Perwakilan BBSPJIHPMM, perwakilan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan

Wakil dari Industri, PT Antam Tbk, UPBM Kolaka. Pihak BBSPJIHPMM mengundang 150 peserta secara offline dan 500 undangan ikut secara online.



#standarisasi
#BSN
#kanwilkumhamsulsel



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x