Kompas TV nasional politik

Reaksi Jokowi usai Diteriaki 'Lanjutkan' oleh Pengusaha: Yang Ngomong Bukan Saya, Demo Pak Bahlil

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 21:41 WIB
reaksi-jokowi-usai-diteriaki-lanjutkan-oleh-pengusaha-yang-ngomong-bukan-saya-demo-pak-bahlil
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada perayaan 50 tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 2022, Jumat (10/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi teriakan yel-yel 'lanjutkan' yang dilontarkan oleh sejumlah pihak termasuk pengusaha di acara HUT 50 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di JCC Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Jokowi pun berkesempatan menyampaikan pidato dalam kegiatan itu. Dalam pidatonya, Jokowi mengaku merasa tidak nyaman dengan teriakan yel-yel 'lanjutkan' tersebut.

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Menteri Bahlil Ajak Pengusaha Teriakkan 'Lanjutkan'

“Tadi banyak yang menyampaikan lanjutkan, lanjutkan. Hati-hati ini tahun politik. Bapak ibu yang menyampaikan lanjutkan, lanjutkan, saya yang didemo,” kata Jokowi di Jakarta pada Jumat (10/6/2022).

Jokowi mencontohkan pernyataan 'lanjutkan' yang mengarah pada masa jabatan presiden tiga periode diketahui pernah disampaikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia beberapa waktu lalu.

Akibat pernyataan tersebut, kata Jokowi, dirinya langsung didemo besar-besaran oleh masyarakat dari berbagai penjuru.

“Kan kejadiannya sudah terjadi. Pertama menyampaikan, pak mantan ketua Hipmi, Pak Menteri Investasi, karena alasan ini, lanjutkan, besoknya enggak ada sehari saya didemo besar-besaran,” katanya.

Baca Juga: Jenazah Eril Ditemukan, Presiden Jokowi: Dubes & Kemenlu Dibantu Pemulangan dari Swiss ke Indonesia

Menurut Jokowi, seharusnya bukanlah dirinya yang mesti didemo oleh masyarakat terkait isu perpanjangan masa jabatan presiden.

“Loh yang ngomong bukan saya, yang didemo saya. Demo dong Pak Bahlil," ujar Jokowi.

Karena itu, Jokowi merasa perlu menanggapi ihwal teriakan yel-yel 'lanjutkan' yang dilontarkan Bahlil dan para pengusaha.

Jokowi mengaku khawatir jika tidak menanggapi teriakan tersebut menjadi salah tafsir di masyarakat.

“Nanti ini saya kalau ndak jawab, bukan Hipmi yang didemo, tapi saya. Hati-hati sekali lagi ini tahun politik,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Kecam Rendang Babi, Tak Sesuai Falsafah Minangkabau

Sebelumnya, Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyerukan yel-yel 'lanjutkan' di acara HUT Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Bahlil mengajak para pengusaha muda untuk meneriakkan yal-yel 'lanjutkan' tersebut ketika ia sedang berpidato.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x