Kompas TV nasional peristiwa

Keluarga Dukung Usulan Nama JIS Diganti Jadi Stadion MH Thamrin

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 14:13 WIB
keluarga-dukung-usulan-nama-jis-diganti-jadi-stadion-mh-thamrin
Interior Stadion JIS (Jakarta International Stadium). (Sumber: kompas.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga MH Thamrin mendukung usulan penggantian nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi MH Thamrin Stadion Internasional Jakarta. Hal ini diungkapkan oleh cucu MH Thamrin, Astuti Ananta Toer.

"Kami mendukung dan menghargai usulan memberi nama JIS, Stadion MH Thamrin tersebut," kata Astuti kepada wartawan, Jumat (10/6/22).

Apalagi, lanjut dia, usulan disampaikan melalui petisi online yang dalam satu minggu sudah ditandatangani lebih dari 5.000 orang.

Baca Juga: Ada Petisi Minta Nama JIS Diubah Jadi MH Thamrin Stadion, Ini Respons Wagub DKI

Sebagai informasi, pada laman change.org, sebuah petisi bertajuk "Lebih Cocok Nama JIS Menjadi Stadion M . H. Thamrin!" dilayangkan oleh JJ Rizal kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Terkait petisi ini, Astuti mengaku bersyukur, sebab, masih banyak yang mengingat jasa MH Thamrin khususnya dalam bidang sepak bola di Jakarta dan Indonesia. 

"Lebih bersyukur lagi karena MH Thamrin masih diingat, malah jasanya kembali diangkat dalam bidang yang jarang diketahui, yaitu sepak bola Jakarta dan Indonesia," kata Astuti. 

Astuti juga berharap usulan ini didukung oleh tokoh-tokoh Betawi seperti H. Ridwan Saidi dan tokoh-tokoh Betawi lainnya. 

Namun, meskipun mendukung dan berdoa, Astuti mengatakan, semua keputusan akan ada di tangan Pemprov DKI Jakarta. 

"Kami mendukung. Kami berdoa. Tetapi, semua berpulang keputusannya kepada publik dan Pemerintah DKI Jakarta. Thamrin menyerahkan hidupnya untuk mengabdi kepada warga dan pemerintah kota, maka wargalah yang paling pertama serta pemerintah kota menimbangnya," tutup Astuti. 

Baca Juga: Jakarta International Stadium Diusulkan Ganti Nama Jadi Stadion MH Thamrin, Pemprov DKI Beri Jawaban

Pada petisi tersebut, nama MH Thamrin Stadion Internasional Jakarta dinilai lebih cocok dibanding JIS. 

Sebab, MH Thamrin merupakan tokoh pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi warga asli Jakarta yang dikenal gila bola. 

"Thamrin meyakini sepakbola bukan sekadar olahraga rakyat, melainkan medium gerakan kebangsaan," tulis petisi tersebut. 

"Memberi nama JIS dengan MH Thamrin Stadion Internasional Jakarta adalah awal yang baik. Bangunan monumental harus diimbangi nama dari amal sejarah yang monumental dan tak kering-kering mengalirkan keteladanan bagi sepak bola serta kebangsaan kita hari ini juga masa depan," tulis JJ Rizal pada petisi tersebut. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x