Kompas TV nasional politik

Dua Lembaga Survei Rilis Elektabilitas Kandidat Capres, Ganjar Tertinggi Disusul Prabowo dan Anies

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 17:12 WIB
dua-lembaga-survei-rilis-elektabilitas-kandidat-capres-ganjar-tertinggi-disusul-prabowo-dan-anies
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dalam rangkaian kegiatan Bulan Pancasila, Rabu (1/6/2022). (Sumber: Dok. Pemprov Jateng)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus mencuat sebagai kandidat kuat calon presiden (capres) 2024.

Hal itu berdasarkan dua survei dari dua lembaga yang berbeda, elektabilitas Ganjar Pranowo lebih tinggi dibanding tokoh-tokoh lainnya.

Berdasarkan hasil Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas Ganjar unggul signifikan dibanding 41 nama tokoh lainnya yang disodorkan kepada responden.

Setelah Ganjar, elektabilitas tertinggi berikutnya adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Dalam simulasi semi terbuka, Ganjar Pranowo konsisten berada di urutan teratas dengan elektabilitas 22,5 persen unggul signifikan dari calon-calon yang lain," papar Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dalam rilis surveinya, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: Hasil Survei CSIS: Nama Ridwan Kamil Teratas untuk Calon Gubernur DKI Jakarta!

Seperti diberitakan Kompas.com, urutan berikutnya yaitu Prabowo Subianto memiliki elektabilitas 17,5 persen.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 13,5 persen. Survei nasional SMRC ini digelar pada 10 - 17 Mei 2022.

Respodennya adalah warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu dan sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random sampling 1.220 responden.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,07 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei juga terdapat nama nama Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang mendapat elektabilitas 2,6 persen dan Gubernur Jawa Barat sebesar 2,2 persen.

Baca Juga: Survei CSIS: 70 Persen Responden Ahli Skeptis soal Pembangunan IKN




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x