Kompas TV nasional agama

Cerita Menag Yaqut Temui Paus Fransiscus di Vatikan, Mengundang ke Indonesia

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 10:39 WIB
cerita-menag-yaqut-temui-paus-fransiscus-di-vatikan-mengundang-ke-indonesia
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf bertemu pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiscus. (Sumber: Akun Facebook Yaqout Cholil Qoumas)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menemui pemimpin umat Katolik Dunia Paus Fransiscus di Vatikan. Menurut Yaqut, saat bertemu Paus Fransiscus, dia menyampaikan undangan dari Presiden Joko Widodo agar Paus dapat berkunjung ke Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan undangan dari Presiden Joko Widodo untuk yang mulia (Paus Fransiscus) untuk datang ke Indonesia,” kata Yaqut menceritakan apa yang dia katakana saat berjumpa Paus Fransiscus, kata Yaqut melalui unggahan di akun facebooknya, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Usaha Menag Yaqut Datangkan Paus Fransiskus ke Indonesia, Datang ke Vatikan bareng Gus Yahya

Dalam foto yag diunggahnya, Yaqut tampak berbincang dan berjabatan tangan erat dengan Paus Fransiscus.

“Setahu saya, tidak banyak orang bisa sedekat ini menyampaikan sesuatu ke Paus Fransiscus. Dan saya beruntung menjadi bagian yang sedikit itu,” tukas dia.

Yaqut bercerita dia memperkenalkan dirinya kepada Paus. Yaqut juga menjelaskan  dia adalah menteri agama yang harus mengelola toleransi dan perdamaian di antara pemeluk enam agama dan ratusan kepercayaan lokal.

Baca Juga: Paus Fransiskus Kembali Serukan Perdamaian Bagi Ukraina

Yaqut juga menyampaikan bahwa ini adalah kunjungan keduanya ke Vatikan. “Sebelumnya pada September 2019, saya datang dengan kelompok yang berbeda,” terang Yaqut.

Kepada Paus Fransiscus, menteri agama juga menyampaikan salam dari umat dan para pemuka agama Katolik di Indonesia, yang telah lama menunggu untuk bertemu secara langsung dengan Paus.

“Mereka mendoakan kesehatan Anda, dan berharap yang mulia datang ke Indonesia,” kata Yaqut.

Menag Yaqut menyatakan dia menerima souvenir dari Paus Fransiscus. “Sebelum mempersilakan saya pamit , beliau berikan saya souvenir,” kata dia,

Baca Juga: Ketua GP Ansor Luthfi Thomafi Meninggal Dunia, Gus Mus Tulis Pesan Menyentuh

Sebelumnya  Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat ini sedang berada di Vatikan dan merencanakan untuk mengundang Paus Fransiskus untuk datang ke Indonesia.

Menag Yaqut tak sendirian dalam upaya mendatangkan Paus Fransiskus ke Tanah Air tahun ini. Ia ditemani oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Staquf atau akrab disapa Gus Yahya.

Menag Yaqut Cholil Qoumas sendiri bertolak ke Vatikan pada Selasa (7/6/2022) dini hari. Pada hari pertama kunjungan, Selasa malam atau Rabu waktu Indonesia (8/6), ia menyapa warga Indonesia di Vatikan dan Roma.

Di hadapan sejumlah WNI yang terdiri dari biarawati, pelajar, mahasiswa, serta para pekerja Indonesia itu, Menag Yaqut menyebut kedatangannya untuk mengundang Paus Fransiskus ke Indonesia.

“Tujuan kunjungan kami ke Vatikan, mengundang Paus Fransiskus untuk menyapa umat Katolik dan menyaksikan keragaman yang dimiliki Indonesia," tutur Menag Yaqut dikutip dari situs resmi Kemenag, Rabu (8/6).

Apalagi, kata Menag Yaqut, Paus memang berencana datang ke Indonesia sebelumnya. Namun, batal karena pandemi Covid-19. 

"Sebelum pandemi, Paus berencana datang ke Indonesia, tetapi batal karena pandemi,” ujar Menag Yaqut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x