Kompas TV regional gaya hidup

Persiapkan Mental Sebelum Menikah, Penting Dirundingkan dengan Pasangan

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 11:15 WIB
persiapkan-mental-sebelum-menikah-penting-dirundingkan-dengan-pasangan
(Sumber: Freepik - tirachardz)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Desy Afrianti

KOMPAS.TV - Sebelum memasuki kehidupan berumah tangga, banyak persiapan yang harus dilakukan oleh calon mempelai. Salah satu yang paling penting adalah persiapan mental.

Tidak munafik bahwa antarpasangan akan selalu menemukan ketidakcocokan di masa awal pernikahan. Dalam keseharian pun, rasanya akan butuh banyak adaptasi, pengorbanan, dan kerendahan hati agar bisa menerima kekurangan dari pasangan.

Namun, mengingat pernikahan akan berjalan seumur hidup, maka persiapan mental dibutuhkan agar kita bisa belajar menjalani kehidupan berumah tangga dengan ikhlas. Tanpa terbebani dengan kemungkinan gangguan mental yang muncul. 

Hal ini dibahas tuntas dalam siniar Anyaman Jiwa oleh dr. Dharmawan A, Purnama, Psikiater dari FKUI dan Doktor Filsafat dari STF Driyarkara, dalam tautan episode “Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah

Dr. Dharmawan mengatakan ada beberapa hal yang harus kita pahami sebelum memutuskan untuk menikah. Berikut di antaranya.

Baca Juga: WNI Bisa Melangsungkan Pernikahan di Luar Negeri? Begini Penjelasannya

Pahami Hal-hal Berikut Sebelum Menikah

Menurut dr. Dharmawan sendiri, paling pertama yang perlu kita perhatikan adalah harus mengenali diri sendiri dan apa yang kita butuhkan. Hal ini bertujuan agar kita paham untuk tidak mudah menyerah dengan pernikahan.

Setelahnya, kenali dan pahami pasangan kita. Hal ini dapat diobrolkan dengan pasangan, misalnya target hidup yang ingin dicapai seperti apa. Selain itu, permasalahan keuangan, preferensi, dan sebagainya yang perlu dirundingkan.

“Hal-hal seperti ini sebenarnya lebih penting untuk dipersiapkan dibandingkan orang bilang harus punya rumah dulu, harus punya pekerjaan yang mapan,” ujar dr. Dharmawan.

Persiapan mental yang kurang ini dapat berdampak buruk bagi pernikahan. Misalnya, sering kita jumpai pada pasangan-pasangan yang memilih untuk menikah muda. Dengan mental yang belum stabil, mereka masih memiliki ego masing-masing yang membuat mereka sulit sepaham.

Baca Juga: 10 Tahun Menanti, Pasangan Suami Istri Ini Akhirnya Sampai ke Tanah Suci

Hal yang Perlu Diingat Dalam Pernikahan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x