Kompas TV nasional politik

Menanti Koalisi "Semut Merah" PKB dan PKS, Kecil tetapi Berasa

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 06:05 WIB
menanti-koalisi-semut-merah-pkb-dan-pks-kecil-tetapi-berasa
Pertemuan PKB dan PKS pada 2021 lalu. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertemuan antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sedang hangat-hangatnya saat ini. Tidak heran bila berhembus kabar bahwa keduanya siap menjalin koalisi.

"Apakah misalkan, PKB dengan PKS mungkin berkoalisi? Sangat mungkin, jika koalisi itu menjanjikan harapan menang dan menjanjikan harapan ke arah yang lebih baik. Serahkan ke PKB sama PKS, selesai itu politik identitas,” kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Menurut Wakil Ketua MPR ini, PKB dan PKS memiliki banyak kesamaan. Keduanya merupakan parpol yang lahir di era Reformasi dan sama-sama memiliki basis suara kelompok Islam.

Bukan hanya itu, keduanya bahkan pernah sama-sama mengusung Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagai presiden pada 1999 silam. Kala itu, PKS masih bernama Partai Keadilan (PK).

Dan ketika Susilo Bambang Yudhoyono jadi presiden, dua partai ini juga pernah sama-sama duduk di kabinet selama dua periode.

”Artinya koalisi PKB dengan PKS ini bukan hal baru, bahkan pernah mendudukkan orang sebagai presiden. Apakah 2024 bisa membangun koalisi dan menjadikan capres koalisi itu menang? Sangat mungkin,” kata Jazilul yakin.

Bahkan, kalau koalisi ini benar-benar terwujud, katanya, akan menjadi kekuatan yang diperhitungkan.

”Kalau terjadi koalisi PKB dan PKS, ini sesuatu yang baru, maka akan menjadi magnet bagi partai lain untuk ikut. Minimal partai-partai di luar partai-partai gajah. Ini bisa menjadi ‘koalisi semut merah’, kecil tetapi berasa,” kata dia.

Baca Juga: PKB Buka Opsi Koalisi Pilpres 2024 dengan PKS



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x