Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina Klaim Berhasil Desak Pasukan Rusia dan Kembali Kuasai Setengah Severodonetsk, Ukraina Timur

Senin, 6 Juni 2022 | 13:20 WIB
ukraina-klaim-berhasil-desak-pasukan-rusia-dan-kembali-kuasai-setengah-severodonetsk-ukraina-timur
Pasukan Ukraina hari Senin, (6/6/2022) mengklaim berhasil memukul mundur pasukan Rusia dan kembali menguasai setengah dari kota Severodonetsk (Sumber: France24)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

KYIV, KOMPAS.TV - Pasukan Ukraina hari Senin, (6/6/2022) mengklaim berhasil memukul mundur pasukan Rusia dan kembali menguasai setengah dari kota Severodonetsk, kata pejabat setempat, ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky datang garis depan untuk mendukung "pahlawan sejati" negaranya, seperti laporan France24, Senin, (6/6/2022).

Saat pertempuran  berkecamuk di kota Severodonetsk yang strategis dan penting, terbesar di wilayah Lugansk yang tidak berada di bawah kendali Rusia, lebih banyak bantuan dijanjikan dari luar negeri kepada Ukraina.

Inggris mengatakan akan mengikuti Amerika Serikat dan mengirim sistem rudal jarak jauh ke Ukraina, menentang peringatan dari Presiden Rusia Vladimir Putin agar tidak memasok senjata canggih ke Kyiv.

Ribuan warga sipil tewas dan jutaan orang meninggalkan rumah mereka sejak Putin memerintahkan pasukan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Pertempuran sejak April terkonsentrasi di timur negara itu, di mana pasukan Rusia bergerak maju dengan lambat tapi pasti setelah dipukul mundur dari bagian lain Ukraina, termasuk ibukota Kyiv.

keberhasilan Ukraina mendesak balik Rusia di Severodonetsk diumumkan oleh gubernur regional Sergiy Gaiday, akan mewakili kemajuan signifikan oleh pasukan Kyiv, yang sebelumnya tampak di ambang diusir dari kota.

"Angkatan Bersenjata membersihkan setengah dari Severodonetsk dan bergerak maju," posting Gaiday di Telegram.

Namun, ia memperingatkan dalam sebuah video di pos yang sama, dorongan besar terbaru Rusia di pusat industri tampaknya sudah dekat.

Baca Juga: Jenderal Penting Rusia Dilaporkan Tewas di Luhansk, Putin Kehilangan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke garis depan di Donetsk. Pasukan Ukraina hari Senin, (6/6/2022) mengklaim berhasil memukul mundur pasukan Rusia dan kembali menguasai setengah dari kota Severodonetsk (Sumber: France24)

Di seberang sungai di kota tetangga Lysychansk, pensiunan Oleksandr Lyakhovets mengatakan dia punya cukup waktu untuk menyelamatkan kucingnya sebelum api melalap flatnya setelah terkena rudal Rusia.

"Mereka menembak di sini tanpa henti... Ini pertunjukan horor," kata pria berusia 67 tahun itu seperti laporan France24.

Lysychansk termasuk di antara daerah-daerah yang dikunjungi hari Minggu oleh Zelensky, yang "ingin melihat sendiri situasi operasional di garis depan pertahanan", kata kepresidenan.

Zelenskyy juga mengunjungi Bakhmut, di barat daya di wilayah Donetsk di Donbas, dan berbicara dengan prajurit, kata kantornya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas pekerjaan besar Anda, untuk layanan Anda, untuk melindungi kita semua, negara kita. Saya berterima kasih kepada semua orang," katanya kepada mereka.


Sumber : Kompas TV/France24

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x