Kompas TV regional sosial

Pemprov DKI Peringati Hari Lingkungan Hidup di Eco Tebet Park

Kompas.tv - 5 Juni 2022, 13:28 WIB
pemprov-dki-peringati-hari-lingkungan-hidup-di-eco-tebet-park
Pembukaan kegiatan Hari Lingkungan Hidup di Tebet Eco Park, Jakarta, Minggu (5/6/2022). (Sumber: ANTARA/Yogi Rachman)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperingati Hari Lingkungan Hidup di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan pada hari ini, Minggu (5/6/2022).

Kegiatan tersebut digelar untuk menyosialisasikan isu lingkungan sekaligus bagian dari rangkaian Hajatan Jakarta ke-495.

Dalam kegiatan tersebut, beragam acara tersaji seperti festival dengan tema "Udara Bersih untuk Jakarta" dan juga pertunjukan musik oleh musisi lokal.

Asisten Pembangunan & Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Afan Adriansyah dalam sambutannya membeberkan alasan pemilihan Tebet Eco Park sebagai lokasi peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022.

Dijelaskannya, Tebet Eco Park merupakan taman prototipe yang menyediakan ruang terbuka hijau untuk menjaga kualitas udara.

Baca juga: Komisi D DPRD Harap Pemprov DKI Buat Taman di Lingkungan Padat Penduduk Seperti Tebet Eco Park

Ia menambahkan, taman tersebut tak hanya bisa menjadi ruang terbuka untuk berkumpul bagi masyarakat, tetatpi juga dapat berfungsi sebagai penampung debit air hujan untuk mengantisipasi banjir.

"Yang menarik di sini pada saat musim penghujan taman ini kita fungsikan juga menampung debit air yang berlebih," ujar Afan.

Untuk itu, lanjut Afan, pihaknya bakal mengembangkan taman yang serupa pada banyak tempat di DKI Jakarta. Hal itu karena udara memiliki peranan penting bagi kesehatan masyarakat.

"Udara itu salah satu hal yang penting terutama untuk kesehatan kita," katanya.

"Kalau orang menderita penyakit akibat gangguan suplai oksigen maka otomatis produktivitas terganggu," sambung Afan.

Baca juga: Tebet Eco Park, Pilihan Piknik Warga Jaksel untuk Liburan Idulfitri 2022



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x