Kompas TV video vod

Mantap! Sungai Tempat Pembuangan Sampah, Kini Menjadi Kolam Ribuan Ikan Cantik

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 08:47 WIB
Penulis : Prayogi Haro

JAWA TENGAH, KOMPAS.TV - Awalnya, enam tahun yang lalu. tempat ini adalah sungai kotor yang sering dijadikan pembuangan sampah oleh warga. Namun di tangan Bagong Margono, sungai ini menjadi cantik dan penuh dengan ribuan ikan. Sungai ini namanya sungai genjikan yang berada di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Bagong Margono, warga setempat yang berinisiatif membersihkan sungai sepanjang 300 meter ini. Langkah awalnya dia harus membagikan puluhan gerobak sampah kepada warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Secara bertahap sungai tersebut mulai dibersihkan, ditambahi bangunan, permainan anak dan lain-lain. Untuk membersihkan sungai ini bagong sebetulnya tidak pernah menghitung biaya. Namun karena banyak yang bertanya akhirnya dihitung kembali dan ketemu angka 2,7 miliar rupiah.

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Kirim 776 Petugas Kesehatan Haji ke Arab Saudi

Saat ini, sungai ini dipenuhi ribuan ikan jenis Koi, Tombro, Nila dan lain-lain. Setelah sungai ini menjadi cantik, banyak warga yang berwisata di sini untuk bermain dengan ikan. Pengunjung juga bisa kulineran dengan menu ikan, ayam dan lain-lain.

Tempat ini oleh warga sekitar akhirnya diberi nama Watergong yang artinya air Pak Bagong.

Vide Editor : Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x