Kompas TV internasional kompas dunia

Turki Resmi Minta PBB agar Negaranya Disebut Turkiye, Bukan Turkey seperti Ejaan Inggris

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 18:44 WIB
turki-resmi-minta-pbb-agar-negaranya-disebut-turkiye-bukan-turkey-seperti-ejaan-inggris
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengirim surat ke PBB secara resmi meminta agar negaranya disebut sebagai “Türkiye,” dan bukan Turkey seperti ejaan bahasa Inggris sekarang. (Sumber: Daily Sabah)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ANKARA, KOMPAS.TV — Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengirim surat ke PBB secara resmi meminta agar negaranya disebut sebagai “Türkiye,” dan bukan Turkey, seperti laporan kantor berita pemerintah Anadolu Agency yang dikutip Associated Press, Kamis (2/6/2022).

Langkah ini dipandang sebagai bagian dari dorongan oleh Ankara untuk mengubah citra negara dan memisahkan namanya dari kalkun, atau Turkey dalam bahasa Inggris, dan beberapa konotasi negatif yang terkait dengannya.

Anadolu Agency melaporkan, Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengonfirmasi PBB sudah menerima surat itu pada Rabu (1/6/2022) malam.

Anadolu mengutip Dujarric mengatakan, perubahan nama itu berlaku efektif "sejak" surat itu diterima.

Pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan mendesak agar nama Turkey yang diakui secara internasional diubah menjadi “Türkiye” (tur-key-YAY) seperti yang dieja dan diucapkan dalam bahasa Turki.

Negara ini menyebut dirinya "Türkiye" tahun 1923 setelah deklarasi kemerdekaannya.

Bulan Desember, Erdogan memerintahkan penggunaan "Türkiye" untuk lebih mewakili budaya dan nilai-nilai Turki, termasuk menuntut agar "Made in Türkiye" digunakan sebagai ganti "Made in Turkey" pada produk yang diekspor. Kementerian Turki mulai menggunakan "Türkiye" dalam dokumen resmi.

Baca Juga: Erdogan Berkeras Turki Tetap Keberatan Swedia dan Finlandia Jadi Anggota NATO, Kenapa?

Turki Mevlut Cavusoglu mengirim surat ke PBB secara resmi meminta agar negaranya disebut sebagai “Türkiye,” dan bukan Turkey seperti ejaan bahasa Inggris (Sumber: Kompas TV)

Awal tahun ini, pemerintahTurki  juga merilis video promosi sebagai bagian dari upaya untuk mengubah namanya dalam bahasa Inggris.

Video tersebut menunjukkan turis dari seluruh dunia mengatakan "Halo Türkiye" di tujuan terkenal.

Direktorat Komunikasi kepresidenan Turki mengatakan mereka meluncurkan kampanye "untuk mempromosikan penggunaan 'Türkiye' secara lebih efektif sebagai nama nasional dan internasional negara di platform internasional."

Penyiar negara berbahasa Inggris Turki TRT World beralih menggunakan "Türkiye" meskipun kata "Turkey" terselip oleh pembawa acara yang masih mencoba membiasakan diri dengan perubahan itu.

TRT World menjelaskan keputusan itu dalam sebuah artikel awal tahun ini, dengan mengatakan googling “Turki” memunculkan “kumpulan gambar, artikel, dan definisi kamus yang membingungkan yang menyatukan negara dengan Meleagris, atau dikenal sebagai kalkun, burung besar asli dari Amerika Utara yang terkenal disajikan pada menu Natal atau makan malam Thanksgiving.”

TRT World melanjutkan, mereka mencari tahu di Kamus Cambridge dan Turkey didefinisikan sebagai “sesuatu yang gagal dengan buruk” atau “orang yang bodoh atau konyol.”

TRT World berpendapat orang Turki lebih suka negara mereka disebut "Türkiye", sesuai dengan tujuan negara untuk menentukan bagaimana orang lain harus mengidentifikasinya.

 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x